Jembatan Cisomang Cipularang Bisa Dilewati Kendaraan Kecil

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 12 Januari 2017 19:44
Jembatan Cisomang Cipularang Bisa Dilewati Kendaraan Kecil
Perbaikan jembatan ini terus dilakukan.

Dream – PT Jasa Marga Tbk (Persero) dan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Komisi Kemanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJT) terus memperbaiki Jembatan Cisomang. Alhamdulillah, saat ini, jembatan tersebut bisa dilalui meski baru kendaraan kecil.

AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru, mengatakan perbaikan-perbaikan yang dilakukan, pihaknya melakukan pemasangan fiber reinforced polymer (FRP) di pilar P1 dan P2, dan pekerjaan strutting baja dalam proses cutting dan pengelasan material H-Beam, serta penggalian tanah di sekitar pilecap P2 dan P3.

Selain melakukan perbaikan terhadap struktur Jembatan Cisomang, BUMN ini juga melakukan monitoring terhadap posisi pilar menggunakan metode verticality dan arah xyz (3D Model), serta monitoring pergerakan Jembatan Cisomang dalam waktu 24 jam menggunakan alat ukur otomatis Robotic Total Station yang dapat mengukur pergerakan jembatan hingga satuan milimeter (mm).

Kini, jembatan tersebut sudah  bisa dilalui oleh kendaraan kecil.

“ Berdasarkan hasil pengamatan kami sejak dilakukannya pembatasan lalu lintas yang melintas di Jembatan Cisomang pada tanggal 23 Desember 2016, dapat disimpulkan bahwa kondisi jembatan masih dalam kondisi aman untuk dilalui lalu lintas kendaraan kecil (Golongan I Non Bus),” kata Heru dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 13 Januari 2017.

Perusahaan pelat merah ini, lanjut Heru, mengimbau pengguna jalan supaya berhati-hati saat melintasi Jembatan Cisomang.

“ Informasi kondisi lalu lintas terkini di ruas jalan tol Jasa Marga bisa didapatkan melalui Jasa Marga Traffic Information Center (14080), Twitter @PTJASAMARGA, live streaming www.jasamargalive.com, dan mobile app JMCARe,” kata dia.(Sah)

Beri Komentar