Entrepreneur Perancis Ciptakan Alat Pendeteksi Kandungan Babi

Reporter : Syahid Latif
Minggu, 26 Oktober 2014 08:00
Entrepreneur Perancis Ciptakan Alat Pendeteksi Kandungan Babi
Alat ini berfungsi layaknya alat tes kehamilan dengan penanda garis satu dan garis dua.

Dream - Dua perusahaan Perancis telah meluncurkan alat portable untuk mendeteksi kandungan daging babi di dalam makanan halal. Tak hanya makanan, alat seperti pendeteksi kehamilan ini bisa membantu konsumen mengetahui jejak daging babi pada produk kosmetik atau obat-obatan.

Alat pendeteksi ini memiliki tabung kecil untuk menampung sampel makanan. Dengan mencampur air hangat, alat ini kemudian dimasukkan dalam air dan hasilnya bisa diketahu dalam hitungan menit. Jika satu baris berarti tidak ada jejak daging babi, dua baris berarti ada kandungan babi.

Dua penemu, Jean-Francois Julien dan Abderrahmane Chaoui yang merupakan pria kelahiran Aljazair, mengungkapkan pembuatan alat ini terinspirasi dari kasus daging kuda beku yang meluas di Eropa dua tahun lalu.

" Ide itu muncul ketika Abderrahmane bicara soal alergi makanan," kata Julien seperti dikutip laman Alarabiya, Sabtu, 25 September 2014. " Saat itulah muncul ide untuk membuat alat pendeteksi DNA daging babi."

Lewat perusahaan Capital Biotech, kedua penemu ini mengklaim tidak ada alat lain yang memungkinkan pengguna awam menganalisa kandungan makanan dengan murah dan mudah. Alat pendeteksi kandungan babi ini dibanderol 6,90 euro atau Rp 105 ribu per unit dengan jaminan 99 persen akurat.

Alat dengan nama 'HalalTest' ini akan tersedia di toko-toko online dalam waktu dekat. Meski namanya HalalTest, Capital Biotech mengaku tidak akan ada alat pendeteksi yang bisa memastikan kehalalan produk daging. Pasalnya, selain melarang babi, Islam juga mengharuskan binatang disembelih sesuai tuntunan Islam.

Capital Biotech mengaku telah mendapat 10.000 pesanan dalam waktu 24 jam sejak alat itu diluncurkan pada Rabu.

Kehadiran alat pendeteksi HalalTest ini disambut warga muslim Perancis. " Dengan alan ini, kami dapat mencari tahu ada atau tidaknya daging babi dalam makanan," kata Mohammed Hatmi, pegawai supermarket halal HalCity.

Julien dan Abderrahmane juga meluncurkan alat pendeteksi kandungan alkohol. Mereka yakin alat-alat ciptaan mereka bisa membantu jutaan penderita alergi makanan di seluruh dunia.

Beri Komentar