Jokowi: Indonesia Terbuka Lebar Menjadi Negara Maju

Reporter : Kurnia
Jumat, 14 Agustus 2015 12:15
Jokowi: Indonesia Terbuka Lebar Menjadi Negara Maju
Saat ini PDB Indonesia sudah menembus Rp 10 ribu triliun dan masuk negara kekuatan keenam terbesar dunia.

Dream - Presiden Joko Widodo menegaskan pintu Indonesia menjadi negara maju dan sejahtera sebetulnya terbuka lebar. Indonesia setidaknya sudah memiliki modal sosial dan ekonomi.

" Kita akan bermartabat di antara bangsa-bangsa di dunia," ujar Joko Widodo di Gedung DPR/MPR RI, Jumat, 14 Agustus 2015.

Presiden menjelaskan, Indonesia saat ini setidaknya sudah lima modal untuk mensejajarkan diri sebagai negara maju.

Indonesia mempunyai jumlah penduduk yang besar dan kreatif, kelas menengah yang semakin besar, sistem politik yang demokratis, dan masyarakat muslim yang moderat.

Saat ini Indonesia juga sudah menjadi kekuatan ekonomi ke-16 dunia dengan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sekitar Rp 10 ribu triliun.

Namun, Jokowi mengingatkan percepatan untuk menjadi negara adil dan makmur tersebut memerlukan dukungan seluruh rakyat Indonesia. Kinerja dan kekompakan lembaga-lembaga negara juga sangat menentukan.

Pada bagian lain, pidato kenegaraan pertama Presiden Jokowi juga menyampaikan, bahwa sejak Kabinet Kerja dibentuk, Pemerintah secara bertahap menjalankan program pembangunan nasional seperti digariskan dalam Nawacita.

Pemerintah melakukan transformasi fundamental ekonomi dan mengubah paradigma pembangunan dari yang bersifat konsumtif ke produktif.

Untuk mengungkit pertumbuhan ekonomi, pemerintah mengaku fokus melakukan pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, jalur kereta api, pelabuhan, waduk, dan pembangkit listrik. Pemerintah juga mengalihkan subsidi BBM ke sektor-sektor produktif dan jaring pengaman sosial.

“ Kini pemerintah sedang membagikan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Keluarga Sejahtera, dan Asistensi Sosial untuk Penyandang Disabilitas Berat,” papar Presiden Jokowi.

Beri Komentar