10 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 7 Desember 2022 14:35
10 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?
Negara dengan biaya hidup termurah didominasi negara Asia Tenggara.

Dream – Banyak orang mengira hidup di luar negeri pasti mahal? Tapi, kenyataannya ada beberapa negara di luar negeri yang memiliki biaya hidup murah.

Negara-negara itu sebagian besar didominasi oleh negara di Asia Tenggara. Kira-kira negara mana saja yang memiliki biaya hidup termurah?

Berikut negara dengan biaya hidup termurah sebagaimana dikutip dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Negara-Negara dengan Biaya Hidup Termurah

Negara-Negara dengan Biaya Hidup Termurah© Unsplash.com

Kamboja

Di urutan ke-10 ada negara Kamboja yang dijuluki sebagai Tanah Kedamaian dan Kemakmuran atau Land of the Khmer. Kamboja adalah bagian dari negara ASEAN yang memiliki luas 181.035 km2 dengan ibukota Phnom Penh dan berpenduduk kira-kira 16 juta jiwa.

Kamboja menjadi salah satu negara dengan biaya hidup termurah, yakni US$812 atau sekitar Rp12 juta perbulannya. Nah, bagi sahabat Dream yang ingin tinggal di Kamboja, sebagai informasi, untuk menyewa apartemen dengan ukuran studio hanya dikenakan biaya sekitar US$246 atau Rp3,8 per bulannya yang berada di daerah Sihanoukville, Kamboja.

Thailand

Setelah Kamboja, negara dengan biaya hidup termurah lainnya adalah Thailand yang juga berada di Asia Tenggara. Negeri Gajah Putih ini memiliki biaya hidup sebesar US$679 atau Rp10 juta per bulan. Di mana negara ini memiliki luas lebih dari 513.120 km2 dengan penduduk lebih dari 69 juta jiwa.

Thailand bisa menjadi pillihan negara tujuan sahabat Dream yang pengeluarannya cukup murah. Di mana untuk menyewa apartemen dengan ukuran studio di Udoj, Thani hanya mengeluarkan biaya sebesar US$199 per bulan.

2 dari 5 halaman

Malaysia

Di urutan ke-8 ada negara tetangga Indonesia, yakni Malaysia yang memiliki biaya hidup murah sebesar US$588 atau Rp9 juta per bulan. Malaysia sendiri juga berada di Asia Tenggara dengan 13 negara bagian. Di mana keseluruhan luas Malaysia mencapai 330.803 km2 dan memiliki penduduk mencapai 31,6 juta jiwa. Buat kamu yang memiliki niat tinggal di Malaysia dan menyewa apartemen, biaya  sewanya hanya sebesar US$209 per bulan untuk apartemen satu kamar.

Meksiko

Tak sedikit orang yang menganggap bahwa tinggal di Amerika itu biaya hidupnya sangat tinggi. Ya, hal itu karena Amerika tergolong sebagai negara maju. Tapi tunggu dulu, sahabat Dream. Di Amerika sendiri ada banyak negara-negara dan ternyata ada juga yang memiliki biaya hidup rendah. Negara tersebut adalah Meksiko.

Meksiko adalah negara terbesar ke lima di Amerika dengan luas sekitar 2.000.000 km2 dan penduduk mencapai 129 juta jiwa lebih. Biaya hidup di Meksiko adalah $587 atau Rp9 juta per bulan. Kalau sahabat Dream tertarik tinggal di Meksiko, maka kamu bisa menyewa apartemen ukuran studio yang berada di Queretaro, Meksiko, dengan biaya US$ 256 per bulannya.

3 dari 5 halaman

Negara-Negara dengan Biaya Hidup Termurah© Unsplash.com

Peru

Tak hanya Meksiko yang memiliki biaya hidup murah di Amerika. Ada juga negara Peru yang memiliki biaya hidup sebesar US$543 atau Rp8,4 juta per bulan. Luas negara Peru sendiri adalah 1.285.216 km2 dengan penduduk mencapai 32,17 juta jiwa. Karena biaya hidupnya yang murah, Peru bisa menjadi pilihan negara yang bisa dituju. Sedangkan untuk tempat tinggal, misalnya saja di kota Arequipa, kamu bisa menyewa apartemen ukuran studio dengan harga US$198 per bulannya.

Argentina

Di urutan ke-5 yang menjadi negara dengan biaya hidup murah adalah Argentina. Ya, negara yang terkenal dengan tarian Tango-nya ini memiliki biaya hidup hanya US$542 atau Rp8,4 per bulan. Argentina sendiri memiliki luas mencapai 2.780.400 km2 dengan penduduk 44 juta jiwa. Sedangkan jika sahabat Dream ingin tinggal di Argentina dan menyewa apartemen ukuran studio yang murah, maka bisa memilih kota Salta dengan biaya hanya sekitar $27 per malamnya.

4 dari 5 halaman

Vietnam

Di urutan ke-6 ada negara Vietnam yang berada di Asia Tenggara sebagai salah satu negara dengan biaya hidup termurah. Negara yang mendapat julukan Naga Biru atau The Land of Blue Dragon ini memiliki biaya hidup sebesar US$500 atau Rp7,8 juta per bulan. Vietnam sendiri memiliki luas sebesar 331.212 km2  dengan penduduk mencapai 95,5 juta jiwa.

Vietnam juga menjadi salah satu negara tujuan wisata dengan berbagai destinasi menarik yang bisa sahabat Dream kunjungi. Dan pastinya kamu bisa menemukan berbagai barang, maupun tempat wisata, hingga penginapan yang harganya terjangkau.

Nepal

Negara selanjutnya yang memiliki biaya hidup murah adalah Nepal dengan biaya hanya sebesar US$450 atau Rp7 juta per bulan. Nepal berbatasan dengan Cina dan India yang memiliki luas daratan 147.181 km2 dan penduduknya yang mencapai 29,3 juta jiwa.

Nepal sendiri adalah salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi. Apalagi bagian utara pegunungan Nepal terdapat delapan dari sepuluh gunung tertinggi di dunia, yakni Gunung Everest. Bagi sahabat Dream yang berniat tinggal di Nepal, kamu bisa menuju daerah Pokhara yang menawarkan apartemen murah ukuran studio seharga US$164.

5 dari 5 halaman

Negara-Negara dengan Biaya Hidup Termurah© Unsplash.com

Bolivia

Di urutan ke-2 sebagai negara dengan biaya hidup murah adalah Bolivia. Negara ini memiliki biaya hidup sebesar US$431 atau Rp6,7 juta per bulan. Sedangkan untuk luas negaranya adalah 1.098.581 km2 dan penduduk mencapai 11,05 juta jiwa.

Nah, kota di Bolivia yang terbilang cukup murah untuk ditinggali adalah di La Paz dengan biaya sewa apartemen ukuran studio sebesar US$ 145 per bulan.

Indonesia

Negara pertama yang memiliki biaya hidup sangat murah adalah Indonesia. Tak mengherankan jika hidup di Indonesia cukup nyaman, apalagi segala kebutuhan terbilang murah. Negara Indonesia sendiri adalah negara kepulauan yang sangat luas dengan populasi mencapai 264 juta jiwa.

Biaya hidup di Indonesia per bulannya hanyalah US$340 atau sekitar Rp5 juta per bulannya. Sedangkan dikutip dari katadata.co.id, untuk kota-kota besar di Indonesia masih relatif sama dengan beberapa kota besar di negara lain. Bagi negara asing, biaya hidup di Indonesia sangatlah murah, apalagi jika ingin menghabiskan waktu untuk tinggal lama di Indonesia.

Beri Komentar