Tiga Cara Agar Produk Anda `Didukung` Selebritas

Reporter : Ramdania
Sabtu, 23 Mei 2015 15:01
Tiga Cara Agar Produk Anda `Didukung` Selebritas
"Boleh di-endorse kakak?" Tidak jarang pertanyaan ini ada di akun media sosial para selebritas. Apa maksudnya?

Dream - Endorsement atau dukungan produk oleh selebritas dapat menempatkan bisnis kecil atau produk Anda dikenal luas oleh masyarakat.

Endorsement produk oleh selebritas ini merupakan salah satu teknik pemasaran. Jadi, pemilik produk memberikan barang atau jasa kepada selebritas secara gratis, kemudian seleb ini membalasnya dengan melontarkan hal positif mengenai produk tersebut dalam akunnya media sosial miliknya.

" Yang terpenting jangan kesankan selebritas memilikinya, tapi cobalah untuk membuat mereka menggunakannya," kata Howard Bragman, pendiri Fifteen Minutes, perusahaan media di Los Angeles yang biasa menangani selebritas.

Apakah Anda sedang mencari selebritas untuk menyebutkan produk Anda dalam sebuah wawancara, atau melihat mereka  memakainya atau memperbincangkannya di media sosial, tips-tips berikut mungkin bisa membantu Anda mencari endorse (dukungan) dari selebritas, seperti dikutip dari Enterpreneur, Sabtu 22 Mei 2015:

 Mengetahui keinginan selebritas

Mencari tahu tentang siapa yang ingin Anda jangkau adalah strategi yang terbaik, kata Bragman. " Jangan hanya memilih selebritas asal-asalan," katanya. " Kerjalah dengan keras dan tunjukan kesungguhan untuk membangun hubungan dengan selebritas yang menggunakan produk Anda, bukannya menelepon perusahaan media atau membanjiri selebritas dengan produk Anda."

Perhatikan apa yang paling sering dibicarakan selebritas di acara-acara dan wawancara. Dengan begitu Anda bisa mempelajari apa yang mereka sukai dan bagaimana produk Anda mungkin melengkapinya, kata Bragman.

Beri perhatian pada kegiatan kemanusiaan mereka

Rangkul selebritas yang memberi dukungan langsung pada kegiatan kemanusiaan yang sesuai dengan misi perusahaan Anda, kata Bragman. Misalnya, Kirsten Chapman, pemilik Kleynimals, perusahaan mainan bayi ramah lingkungan, mengagumi Jessica Alba yang sangat mendukung gerakan produk rumah tangga daur ulang.

Chapman mengirim Alba sampel produk untuk bayinya bersama dengan catatan tulisan tangan tentang alasan mengapa Alba harus memilikinya.

" Saya berpikir bahwa ia akan menghargai sesuatu yang unik karena produk [Kleynimals] ramah lingkungan dan tidak beracun," kata Chapman. Dia juga telah berhasil mendapatkan undangan di acara Martha Stewart pada tahun 2012, setelah mengirim dia sampel produknya melalui pos.

Cari cara kreatif agar produk Anda dipakai selebritas

Dana Rubinstein dan Tamar Rosenthal adalah pendiri Dapple Baby, perusahaan produk pembersih bayi bebas pewangi berbasis di Long Island, New York. Mereka punya misi agar produk mereka berada di tangan diva reality show Bethenny Frankel, yang kebetulan dikagumi keduanya.

Untuk membentuk koneksi pribadi, mereka meminta adik ipar Rosenthal, yang tinggal di dekat daerah di mana Frankel melakukan syuting, untuk memberinya sebotol produk selama sesi meet and greet. " Kami menaruh hadiah untuk Bethenny tepat di depannya. Tidak lama setelah itu, Bethenny mengunggah foto dirinya memanggang kue di dapur dan botol Dapple berada di sana, di mejanya, di samping wastafel," kata Rubenstein.

Hasilnya adalah kicauan tentang Bethenny menggunakan produk Dapple di media sosial, kata Rubenstein.

" Tak lama setelah foto itu muncul, kami menerima 400 page hits tambahan, sekitar dua kali lipat dari biasanya," kata Rubenstein.

Meski cara ini belum tentu membuat produk yang kita berikan sampai ke selebritas, paling tidak ada peningkatan di sisi awareness, eksposur dan penjualan.

Beri Komentar