15 Cara Mengatasi Asam Lambung yang Naik ke Dada dan Kerongkongan

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Rabu, 27 November 2019 11:12
15 Cara Mengatasi Asam Lambung yang Naik ke Dada dan Kerongkongan
Cara Mengatasi Asam Lambung yang Naik ke Kerongkongan Menggunakan Bahan Alami

Dream - Memiliki penyakit asam lambung tentunya sangat menggaggu. Penyakit yang disebabkan salah makan maupun kurang istirahat ini bisa menyebabkan sakit di bagian lain seperti dada dan juga tenggorokan.

Banyak cara mengatasi asam lambung yang sering digunakan untuk menyembuhkan asam lambung. Kamu bisa memilih pengobatan dengan cara mengonsumsi obat-obatan maupun menggunakan bahan-bahan alami.

Penyakit asam lambung memang harus diobati dengan cepat agar aktivitas kamu tak terganggu.

Nah berikut Dream rekomendasikan beberapa cara mengatasi asam lambung.

1 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik ke Dada

© Dream

Salah satu dampak penyakit asam lambung, bisa menyebabkan rasa sakit yan naik ke dada bahkan sampai ingin muntah.Lakukan beberpa cara mengtasi asam lambung berikut untuk meredakannya.

Memperhatikan porsi makan

Makan dengan porsi banyak bisa menyebabkan refluks, yaitu asam lambung yang naik ke kerongkongan. Maka dari itu cara mengatasi sam lambung yang tepat dengan cara makan makanan tidak terlalu banyak,namun sering. Hal ini menyebabkan lambung akan terbiasa dengan porsi makanan dan idak mengeluarkan asam berlebih.

Jangan makan berlebih

Makan berlebih menyebabkan gangguan yang terjadi di kerongkongan saat asam lambung sedang naik. Untuk itu kurang porsi makan sebagai cara mengatasi asam lambung.

Hindari kopi sementara waktu

Kopi memiliki kandungan kafein yang menyebabkan masalah di esofagus dan menyebabkan asam lambung naik. Untuk itu hindari minum kopi untuk sementara waktu untuk meredakan asam lambung.

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Asam Lambung Kambuh

© MEN

Kurang istirahat, makan makanan yang asam, pedas dan juga telat makan menjadai beberapa penyebab asam labung kambuh. Cara mengatasi asam lambung kambuh berikut bisa kamu gunakan untuk mengobati asam lambungmu.

Minum air putih yang cukup

Air putih dapat digunakan sebagai pereda asam lambung untuk sementara. Sifat air yang netral bisa meredakan sakit akibat asam lambung untuk sementara. Namun tentunya jangan minumm air berlebih ya!

Makan permen karet

Penelitian mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet dapat membuat produksi air liur bertambah, sehingga mengurangi tingkat keasaman pada kerongkongan. hal ini bisa kamu gunakna untuk mengatasi asam lambung yang berlebih.

Hindari minuman beralkohol

Alkohol merpakan minuman dengan kada keasaman yang tinggi. Untuk itu kurangi konsumsi alkohol, sebagai cara mengatasi asam lambung.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Asam Lambung

© MEN

Selain rasa sakt yang naik sampai ke dada, asam lambung juga bisa menimbulkan sesak nafas yang berkelanjutan. Cara mengatasi asam lambung berikut bisa kamu lakukan ketika mulai merasa sesak nafas.

Tinggikan kepala saat tidur

Meninggikan kepala saat tidur merupakan cara mengatasi asam lambung yang bisa kamu lakukan. Hal ini bisa mengurangi nyeri asam lambung pada saat kepala ditinggikan. Selain itu meninggikan kepala saat tidur juga dapat mengurangi heart burn.

Tidur berbaring di sisi kiri

Struktur anatomi tubuh khususnya pada lambung membuat kamu harus tidur di sisi kiri agar asam lambung berkurang pada malam hari. Hal ini karena posisi lambung ada dibawah sehingga kadar asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

Mengkonsumi kacang hijau

Kacang hijau merupakan tumbuhan yang mengandung protein tinggi. Kacang hijau juga mampu menebalkan lapisan lambung dan juga bisa digunakan untuk menetralkan kadar asam ketika sakit asam lambung.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan

© MEN

Asam lambung yang tak terobati bisa menyebar ke organ tubuh yang lain. Dalam hal ini asam lambung bisa naik kekerongkongan yang menyebabkan rasa tidak nyaman. Berikut beberapa cara mengatasi asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Menghindari camilan diantara waktu makan

Memakan camilan diantara waktu makan dapat menyebabkan asam lambung yang tinggi, hal ini dikarenakan lmbung akan bingung memproses makanan yang masuk ke dalam lambung.

Mengunyah dengan benar

Mengunyah makanan mungkin terdengar sepele, namun mengunyah makanan yang benar dapat meningkatkan enzim dan dan membantu mempermudah lambung untuk mencernanya, sehingga berpotensi mengurangi asam lambung yang naik.

Makan secara teratur

Makan secara teratur dapat digunakan sebagai cara mengatasi asam lambung yang naik ke kerongkongan. Hal ini disebabkan lambung akan mengolah makanan dengan tertatur, sehingga asam lambung akan akan jarang naik.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Asam lambung Tinggi

© MEN

Penyakit asam lambung yang diderita setiap orang tentunya berbeda-beda kadarnya. Ada yang tinggi dan ada pula yang tidak terlalu tinggi. Berikut cara mengatasi asam lambung yang tinggi.

Kurangi konsumsi makanan yang masam

Makanan yang masam tentunya menyebabkan asam lambung naik. Untuk itu kurangi makanan yang masam sebagai cara mengatsi asam lambung.

Konsumsi pisang

Selain mudah didapat dan rasanya yang enak, pisang juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi asam lambung. Pisang memiliki banyak kandungan yang berguna bagi tubuh dan salah satunya yaitu sebagai antasida alami untuk meredakan asam lambung.

Minum obat maag

Jika sati berlanjut dan tidak hilang-hilang, minumlah obat maag untuk sementara waktu sebagai cara mengatasi asam lambung. Tentunya obat maag yang dijual di pasaran yang mengandung antasida.

Nah, begit banyak cara mengatasi asam lambung yang bisa dilaukan dirumah, jika cara-cara diatas belum bisa meredakan nyeri aibat asam lambung segeralah pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

( Jossi Andriani / dikutip dari berbagai sumber )

Beri Komentar