22 Manfaat Daun Pepaya yang Menakjubkan untuk Tubuh hingga Kulit

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Selasa, 10 September 2019 15:48
22 Manfaat Daun Pepaya yang Menakjubkan untuk Tubuh hingga Kulit
Daun dari buah pepaya memang terasa pahit, tapi daun ini punya banyak manfaat yang menakjubkan. Mulai dari manfaat untuk kesehatan tubuh hingga manfaat untuk kulit dan rambut.

Dream - Tumbuhan pepaya memang hanya bisa ditemukan di beberapa negara beriklim tropis saja, terutama di Asia Tenggara dan Selatan. Selain buah yang bisa dikonsumsi, daun pepaya juga sudah dimanfaatkan oleh masyarakat sejak abad ke-17.

Sejak saat itu, jus daun pepaya menjadi minuman obat yang terkenal dan mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Manfaat daun pepaya ini karena kandungan nutrisi, seperti vitamin, antioksidan, enzim, dan masih banyak lagi.

Daun pepaya biasanya dikonsumsi dengan dibuat jus, namun banyak juga masyarakat yang mengolahnya menjadi sayuran yang nikmat kala disantap bersama nasi.

Mengonsumsi daun pepaya bermanfaat untuk tubuh, mulai menjaga kesehatan, menyembuhkan berbagi jenis penyakit, hingga perawatan kulit dan rambut.

1 dari 6 halaman

Manfaat Daun Pepaya untuk Mengatasi Serangan Penyakit

 Mencegah Kanker

1. Mengatasi Demam Berdarah

Salah satu manfaat daun pepaya yang sudah terbukti secara ilmiah ialah mampu mengatasi penyakit demam berdarah. Sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati orang yang terkena demam berdarah. Kandungan bioaktif, seperti papain, karikain, dan simopanin, yang ada di dalam pepaya mampu meredakan gejala demam berdarah.

2. Mengatasi Malaria

Selain demam berdarah, daun pepaya juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit malaria. Ketika seseorang sudah menunjukkan gejala malaria, konsumsi daun pepaya bisa menjadi solusi untuk mencegah semakin parahnya gejala malaria. Kandungan antioksidan dalam daun pepaya mampu mengurangi gejala dari penyakit malaria tanpa efek samping.

3. Mengatasi Kanker

Kandungan nutrisi yang bermanfaat dalam daun pepaya dipercaya mampu mengatasi persoalan kanker. Salah satu kandungan yang penting ialah antioksidan yang dikenal mampu menjadi senyawa anti kanker yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Mengatasi Emfisema

Dengan mengonsumsi daun pepaya secara rutin, juga dipercaya mampu mengatasi masalah emfisema, yaitu kondisi di mana kantung udara di paru-paru berangsur menurun dan rusak dan membuat napas menjadi pendek. Gejala penyakit ini bisa diredakan dengan mengonsumsi jus dari daun pepaya.

2 dari 6 halaman

Manfaat Daun Pepaya untuk Mencegah Berbagai Penyakit

5. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Kadar kolesterol jahat yang tinggi, dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit berbahaya, salah satunya penyakit jantung coroner. Untuk mencegah penyakit ini, tubuh membutuhkan banyak vitamin C yang berperan sebagai antioksidan.

Antioksidan mampu memperlancar aliran darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat, serta meningkatkan kadar kolesterol baik, sehingga risiko penyakit jantung coroner dapat dikurangi. Kandungan antioksidan ini bisa diperoleh dari daun pepaya.

6. Mencegah Pertumbuhan Bakteri

 Mencegah Bakteri

Salah satu penyebab sakit perut atau masalah perut lainnya ialah bakteri. Apabila terdapat bakteri jahat yang berada di saluran pencernaan dan mereka berkembang, maka dapat menyebabkan masalah yang serius. Untuk mencegah pertumbuhan bakteri ini, kita bisa memanfaatkan daun pepaya untuk dikonsumsi secara rutin.

7. Mencegah Pembesaran Prostat Jinak

Manfaat daun pepaya yang satu ini masih berada pada tahap penelitian dan belum ada hasil ilmiah yang membuktikannya. Namun, ada sebagian masyarakat yang percaya, daun pepaya mampu mengurangi pembesaran penyakit untuk pasein prostat jinak.

3 dari 6 halaman

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

8. Mengatasi Diabetes

Penyakit diabetes bisa terjadi apabila kadar gula darah dalam tubuh meningkat diikuti dengan tekanan darah dan kolesterol yang ikut naik. Untuk mengatasi masalah diabetes, tubuh perlu nutrisi untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Manfaat ini bisa kita dapatkan dengan rutin mengonsumsi daun pepaya.

9. Menurunkan Kadar Gula Darah

 Tes Tensi

Masih berkaitan dengan manfaat daun pepaya sebelumnya, daun pepaya mampu menurunkan kadar gula darah dan mampu mengurangi stres oksidatif dan mengurangi risiko terjadi komplikasi penyakit serius, terutama kerusakan pada ginjal.

10.Meningkatkan Trombosit

Trombosit merupakan salah satu bagian darah yang penting. Kekurangan trombosit dapat menyebabkan tubuh kekurangan vitamin, lemas, dan tidak bertenaga. Trombosit yang menurun juga menjadi salah satu gejala demam berdarah yang paling umum. Untuk meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh, kita bisa mengonsumsi daun pepaya.

11. Mengatasi Infeksi Virus

Manfaat daun pepaya selanjutnya ialah mampu melawan dan mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus. Manfaat ini dapat diperoleh karena daun pepaya mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang mampu berperan sebagai anti peradangan.

4 dari 6 halaman

Menfaat Daun Pepaya untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

12. Menjaga Kesehatan Hati

Tidak hanya mengatasi dan mencegah berbagai penyakit, daun pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya menjaga kesehatan pada hati. Kandungan antiperadangan yang ada di dalam daun pepaya mampu mencegah berbagai masalah dan penyakit hati.

13. Memperlancar Pencernaan

Ada banyak faktor yang menyebabkan pencernaan tidak lancar, salah satunya pola makan yang tidak sehat. Untuk memperlancar pencernaan dan mengurangi risiko berbagai masalah pencernaan, kita bisa mengonsumsi daun pepaya, bisa dengan dijus atau diolah menjadi sayur.

 Memperlancar Pencernaan

14. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Selain itu, daun pepaya juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh karena daun pepaya mengandung phytochemicals yang mampu meningkatkan kinerja dan fungsi imunitas tubuh. Bahkan, kandungan tersebut juga dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh.

15. Meredakan Nyeri Menstruasi

Bagi perempuan, nyeri saat menstruasi menjadi makanan setiap bulan yang harus dirasakan. Untuk mengatasi masalah ini, para perempuan bisa mengonsumsi daun pepaya saat menstruasi. Hal ini dikarenakan daun pepaya mampu berperan sebagai senyawa anti peradangan.

5 dari 6 halaman

Manfaat Daun Pepaya untuk Kulit

16. Menyembuhkan Eksema

Salah satu penyakit kulit yang cukup umum terjadi. Penyakit ini biasanya akan menimbulkan rasa gatal dan ruam merah pada kulit. Untuk mengatasi dan menyembuhkan eksema, kita bisa memanfaatkan daun pepaya dengan cara menempelkan daun pepaya yang ditumbuk ke area kulit.

17. Mencerahkan Kulit

Tidak hanya mampu menyembuhkan penyakit kulit seperti eksema, daun pepaya yang digunakan untuk masker wajah ternyata mampu untuk mencerahkan kulit. Manfaat daun pepaya ini bisa diperoleh karena daun pepaya mengandung vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan kulit.

 Perawatan kulit

18. Membersihkan Kulit

Daun pepaya yang digunakan untuk membersihkan kulit dan membuatnya tampak lebih putih. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup dengan menumpuk daun pepaya dan menggunakannya sebagai lulur tubuh saat mandi.

19. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin yang ada di dalam daun pepaya juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidannya juga mampu melindungi kulit dari berbagai masalah dan gangguan kulit seperti jerawat, kerutan dan lain sebagainya.

20. Mencegah Penuaan Dini

Karena mampu melindungi dan menjaga kesehatan kulit, masalah kulit dan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, garis halus, dan bintik hitam juga bisa dicegah dengan menggunakan daun pepaya untuk masker wajah.

6 dari 6 halaman

Manfaat Daun Pepaya untuk Perawatan Rambut

21. Mengatasi Ketombe

Tidak hanya berhenti di situ saja, masih ada lagi manfaat daun pepaya yang jarang diketahui oleh orang, yaitu mampu mengatasi masalah ketombe. Masalah ketombe pada rambut dan kulit kepala memang sangat mengganggu, membuat kulit kepala gatal dan rambut menjadi lebih berminyak.

Dengan menggunakan tumbukan daun pepaya sebagai sampo atau masker rambut, masalah ketombe dapat diatasi dengan baik. Selaini itu, daun pepaya juga memberikan efek relaksasi pada kulit kepala dan rambut, karena daun pepaya mampu memperlancar aliran darah di kepala dengan baik.

 Masalah rambut

22. Mengatasi Masalah Rambut

Dengan aliran darah di kepala yang lancar, membuat berbagai masalah rambut, seperti rambut rontok, rambut berminyak hingga kebotakan juga bisa diatasi dengan menggunakan masker rambut daun pepaya.

Kita bisa memanfaatkan daun pepaya ini secara rutin, sehingga manfaat yang didapatkan juga jauh lebih efektif. Selain itu, daun pepaya juga lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan berbahan kimia.

Sumber: Style at Life dan beberapa sumber lain

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya