7 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan, Sudah Merasakannya?

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 17 September 2019 16:12
7 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan, Sudah Merasakannya?
Salah satu aktivitas yang digemari oleh masyarakat adalah bersepeda. Yuk simak informasi manfaat bersepeda bagi kesehatan berikut ini.

Dream – Gaya hidup yang aktif secara fisik sangat penting demi menjaga kebugaran. Aktivitas fisik yang rutin akan membuat sistem tubuh berfungsi dengan normal. Itu berarti kita juga berinvestasi jangka panjang pada kesehatan tubuh.

Tubuh sebenarnya sangat memerlukan setidaknya 30 menit beraktifitas fisik setiap harinya. Salah satu aktivitas fisik yang menyenangkan adalah bersepeda

Bersepeda juga bisa mencegah munculnya masalah kesehatan. Seperti obesitas, radang sendi hingga diabetes bisa dicegah dengan melakukan aktivitas bersepeda.

Bisa dilakukan oleh semua kalangan usia, membuat tren olahraga ini tidak pernah pudar. Selain itu, bersepeda juga memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Penasaran apa saja? 

1 dari 7 halaman

Mengencangkan Otot

 7 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan

Salah satu manfaat bersepeda adalah membantu mengencangkan otot. Bersepeda secara teratur akan melibatkan kaki terutama otot-otot kaki untuk mengayuh sepeda.

Semakin sering bersepeda, maka otot-otot kaki akan semakin bekerja dan menjadi kencang. Tidak hanya otot di kaki saja, otot pada lengan tangan juga bisa merasakan manfaatnya. Lengan tubuh pada dasarnya digunakan untuk menyeimbangkan serta menahan tubuh selama bersepeda. Tentu saja dibutuhkan kekuatan untuk bisa melakukannya.

Walaupun tidak semaksimal angkat beban, dengan bersepeda otot lengan kalian menjadi terlatih. Bersepeda juga sangat bermanfaat bagi anak-anak sebab membantu meningkatkan fleksibilitas serta kesehatan otot.

2 dari 7 halaman

Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

 7 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan

Bersepeda akan membuat laju jantung bekerja lebih cepat dari biasanya. Hal itu karena darah di dalam tubuh dipompa lebih cepat sehingga meningkatkan fungsi jantung.

Semakin meningkatnya fungsi jantung, semakin meningkat pula kesehatan jantung. Tidak heran jika seseorang yang memilih bersepeda ketika bekerja, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular daripada pekerja lainnya.

Tempat kerja bisa dijangkau sepeda? Nah, bisa bersepeda secara rutin setiap hari setidaknya selama 30 menit. Dengan rutin melakukannya, akan terhindar dari penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi.

3 dari 7 halaman

Meningkatkan Kekuatan Tubuh

 7 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan

Manfaat bersepeda selanjutnya adalah meningkatkan kekuatan tubuh seseorang. Dalam implementasinya, dibutuhkan kekuatan otot untuk melakukan aktivitas bersepeda.

Walaupun terasa lelah, semakin sering bersepeda maka kekuatan tubuh  akan semakin meningkat secara tidak sadar. Sebenarnya, hal ini tidak hanya terjadi pada bersepeda saja namun juga bisa terjadi pada semua kegiatan aktivitas menggunakan fisik.

Jangan menyerah terlebih dahulu ketika merasakan lelah dan letih. Kondisi tersebut merupakan proses meningkatnya kekuatan tubuh. Ketika tubuh sudah terbiasa, selain meningkatkan kekuatan bersepeda juga bisa mengurangi kadar rasa lelah.

4 dari 7 halaman

Mengatasi Stres

  Bersepeda Membuat Anak Lebih Cerdas

Salah satu manfaat bersepeda adalah mampu mengatasi stres. Bahkan, bersepeda merupakan salah satu cara paling efektif dan mudah dalam mengatasi stresdan depresi.

Bersepeda bisa membantu mengalihkanbeban pikiran yang berat. Jika dilakukan secara rutin, tidak hanya bisa menghilangkan stres namun juga bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan mental.

Tidak heran jika beberapa orang memilih untuk menggunakan sepeda daripada mobil atau motor saat berpergian. Satu lagi, bersepeda merupakan kegiatan menyenangkan yang memberikan efek positif bagi tubuh.

5 dari 7 halaman

Menurunkan Berat Badan

 7 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan

Bagi kalian yang sedang menjalani program diet, cobalah untuk melakukan aktivitas bersepeda secara rutin. Besepeda merupakan cara paling efektif dan terbaik dalam menghilangkan lemak berlebihan pada tubuh.

Secara efektif, bisa melatih otot paha dan bokong, membuatnya semakin meningkatkan sisitem metabolisme. Lemak tubuh terutama di bagian perut dan paha akan jauh berkurang.

Bersepeda selama satu jam akan membantu membakar kalori dalam jumlah banyak. Jangan heran jika nantinya berat badan akan turun secara cepat.

6 dari 7 halaman

Menurunkan Resiko Diabetes

 Bisnik Unik, Sepeda Listrik Khusus Medan Padang Pasir

Bagi penderita diabetes, bisa juga bersepeda secara rutin setiap harinya. Bersepeda bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Termasuk mengurangi risiko serangan jantung, strok hingga menstabilkan tekanan darah. Cobalah untuk bersepeda setiap hari setidaknya selama 30 menit. Apabila dilakukan secara rutin maka bisa membantu menurunkan kadar gula secara signifikan.

7 dari 7 halaman

Menurunkan Risiko Kanker

 7 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan

Salah satu manfaat bersepeda yang begitu menakjubkan adalah mampu menurunkan risiko kanker. Beberapa penelitian menunjukkan, bersepeda secara rutin setiap hari mampu mencegah sel kanker menjadi aktif.

Sebenarnta aktivitas fisik dalam skala sedang hingga tinggi salah satu dampaknya adalah menurunkan risiko kanker. (mut)

 
 
(Sumber: Boldsky)

Beri Komentar
Detik-Detik Jokowi Umumkan Kabinet Indonesia Maju