8 Cara Agar Tidak Sakit Usai Lebaran, Tetap Sehat Bugar Beraktifitas

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Selasa, 26 Mei 2020 10:48
8 Cara Agar Tidak Sakit Usai Lebaran, Tetap Sehat Bugar Beraktifitas
Yuk simak tips berikut ini

Dream - Momen lebaran menjadi salah satu hari spesial bagi umat Muslim di seluruh belahan dunia. Idul fitri menjadi hari kemenangan setelah sebulan lamanya berpuasa dan menjaga hawa nafsu dari hal - hal yang dilarang oleh Allah SWT.

Selama puasa, pola makan yang dijalani menjadi lebih sehat. Bahkan beberapa orang memamnfaatkan puasa untuk menjalani diet dan menurunkan berat badan. Masya Allah ya Sahabat Dream ternyata begitu banyak hikmah puasa yang bisa diambil pelajaran bagi umat islam. 

Namun ada kalanya ketika hari lebaran tiba, kita seperti 'balas dendam' setelah menahan lapar dan haus sepanjang masa bulan puasa. Banyaknya makanan dan minuman lezat yang disajikan membuat kita menjadi 'kalap' dan lupa mengontrol pola makan kembali. Akibatnya berat badan kembali bertambah, bahkan mengganggu kesehatan nih.

Untuk mengatasinya dilansir dari Liputan6, berikut beberapa cara agar tidak sakit usai lebaran. Yuk disimak Sahabat Dream.

1 dari 2 halaman

Cara agar tidak mudah sakit usai lebaran

1. Perhatikan kualitas makanan dan minuman yang kita santap

Meskipun momen lebaran pastinya dipenuhi dengan berbagai jenis makanan dan minuman enak dan lezat, tentunya kita tetap harus memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh kita. Hitung - hitung menahan hawa nafsu seperti puasa. 

2. Perhatikan jumlah kalori makanan dan minuman

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari FKUI RSCM, Ari Fahrial Syam, sekecil apa pun camilan manis yang kita makan, pasti mengandung kalori. untuk mencegah jatuh sakit dan menjaga berat badan, ada baiknya memperhatikan jumlah kalori yang akan dikonsumsi. 

3. Makan Secukupnya

Bulan Ramadhan telah melatih diri kita menahan lapar dan dahaga. Di momen lebaran ini, kita bisa membuktikan bahwa apa yang sudah kita jalankan di bulan puasa, tetap bisa dilakukan di luar Ramadhan. Usahakan hanya mengonsumsi satu macam lauk saja jika merasa telah mengonsumsi kue Lebaran cukup banyak. Kurangi juga nasi saat makan besar.

4. Hindari camilan yang mengandung cokelat, keju, dan berlemak

Dokter Ari menjelaskan bahwa kalori yang ada di makanan manis dan berlemak jumlahnya dua kali lebih besar dari karbohidrat. Otomatis, kalori yang masuk akan berlebih. Berat badan pun bisa bertambah, bahkan mengganggu kesehatan.

2 dari 2 halaman

Cara agar tidak mudah sakit usai lebaran

5. Banyak minum

Tips selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan banyak minum air putih. Usahakan minum air putih lebih dari dua liter per hari. Air putih sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan menghidrasi tubuh. Air putih juga dapat membuat kita mudah kenyang, jadi kita pun bisa mengontrol makanan selama lebaran.

6. Banyak Konsumsi Buah dan sayur-sayuran

Untuk menjaga kesehatan tubuh saat lebaran. kamu bisa menambahkan buah dan sayur-sayuran dalam menu makanmu. KAmu bisa menyantap buah dan sayur saat makan di pagi, siang atau malam hari, ataupun untuk cemilan. 

7. Tetap Olahraga

Olahraga usai lebaran juga tetap perlu kamu lakukan ya Sahabat Dream. Melakukan aktivitas fisik dan bergerak akan membantu tubuh membakar lemak. Tubuh juga akan terlihat lebih segar ketika rutin berolahraga. Jika kesulitan berolahraga di luar rumah akibat pandemi saat ini, kamu bisa mencoba berolahraga di rumah sambil menonton video workout. 

8. Usahakan tidur malam minimal enam jam

Hal terakhir yang juga akan membantumu tetap sehat usai lebaran adalah mengusahakan tidur minimal enam jam sehari. Tidur yang cukup akan menjaga kesehatan tubuh dan menghindarkan diri dari penyakit. Selamat mencoba.

Beri Komentar