Awas, Jangan Cuci Daging Ayam Pas Mau Memasaknya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 18 Juli 2018 17:30
Awas, Jangan Cuci Daging Ayam Pas Mau Memasaknya
Bukannya ayam mentah sering penuh dengan bakteri. Namun, ahli kesehatan justru menentang hal tersebut. Kenapa?

Dream - Kebanyakan orang membersihkan ayam untuk menghilangkan kuman atau kotoran. Serta diperkuat asumsi ayam mentah sering penuh dengan bakteri, seperti campylobacter atau salmonella.

Namun, ahli kesehatan justru menentang hal tersebut. Sebab, mencuci unggas saat akan memasaknya justru menyebarkan bakteri dan risiko kontaminasi.

Menurut UK National Health Service, air yang mengalir dan terciprat dapat menyebarkan bakteri di sekitar wastafel, meja bahkan pakaian.

USDA menyatakan satu-satunya cara yang aman untuk menghilangkan bakteri adalah memasak daging hingga suhu yang tepat. Aturan ini juga berlaku untuk jenis daging dan ikan lainnya. Suhu minimum ayam yang dimasak harus 165 derajat.

Pro-kontra mencuci ayam sebelum dimasak juga terjadi pada koki profesional seperti Julia Child yang mendukung untuk mencuci ayam. Sebaliknya, Ina Garten menegaskan tidak perlu mencuci atau daging lain.

Pihak Garten memiliki penelitian untuk mendukung pendapatnya. Menurutnya mencuci ayam berasal dari kebiasaan yang lama dibudidayakan, bukan karena alasan kebersihan atau kesehatan.

Jika kamu masih ragu untuk tidak mencuci ayam sebelum dimasak, peneliti keamanan makanan Drexel University, Jennifer Quinlan menyarankan untuk melihat adakah perbedaan setelah dicuci sekali dengan sebelum dicuci.

Jika kamu memutuskan untuk melanjutkan kebiasaan mencuci ayam, untuk mencegah kontaminasi silang pastikan kamu mencuci di tempat khusus.

Selain itu harus mencuci tangan secara menyeluruh setelah menyentuh daging mentah atau makanan apa pun, atau alat yang bersentuhan dengan ayam yang dicuci.

(Sah, Laporan: Qonita Lutfia/ Sumber: Reader's Digest)

 

Beri Komentar