Fakta & Mitos Soal Durian yang Tak Diketahui Banyak Orang

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 15 Juli 2018 12:01
Fakta & Mitos Soal Durian yang Tak Diketahui Banyak Orang
Makan durian bisa meningkatkan libido, fakta atau mitos?

Dream - Siapa yang tak kenal dengan buah durian? Penggemar raja buah ini pasti tidak sabar menikmati rasanya yang manis dan lembut seperti krim.

Tetapi ada juga yang tidak menyukai buah durian, hanya mencium baunya saja orang akan merasa tak tahan dan mual.

Namun, bagi penggemar durian, menikmati rasanya saja mungkin tidak cukup. Mereka harus mengenal fakta dan mitos raja buah ini.

Seorang dokter Malaysia bernama Rushdan Noor membagikan fakta dan mitos tentang buah durian di akun Facebooknya.

Dokter Rushdan merasa perlu memberitahukan tentang hal ini karena buah durian adalah buah yang sangat terkenal dan digemari orang Asia.

Berikut adalah fakta tentang buah durian yang perlu diketahui penggemar raja buah ini.

1. Durian bisa meningkatkan berat badan

Buah durian memiliki kalori yang tinggi. Satu durian dengan berat rata-rata 1 kg memiliki jumlah kalori total hampir 1400 kalori. Jadi mengonsumsi buah durian sudah mencakup 70% dari total 2.000 kalori per hari yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Satu biji buah durian berbobot sekitar 40 gram atau 59 kalori.

2. Durian kaya dengan nutrisi

Durian kaya akan potasium, serat, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Buah ini juga mengandung asam amino triptofan yang juga dikenal sebagai 'pil tidur alami' yang dapat membantu tidur. Durian juga mengandung kalium yang lebih tinggi daripada pisang.

 Fakta dan Mitos Durian© shutterstock.com

3. Penderita diabetes harus membatasi konsumsi durian

Karena durian memiliki kandungan gula yang tinggi yaitu gula sederhana seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa (Indeks Glikemik yang tinggi), buah ini tidak cocok untuk penderita diabetes, kecuali dikonsumsi dalam jumlah kecil.

4. Durian dapat menyediakan energi secara instan

Karena kandungan karbohidrat yang tinggi dalam bentuk gula sederhana, buah durian bisa menyediakan sumber energi pada tubuh secara instan.

Selain fakta-fakta yang menarik tentang buah durian, Dokter Rushdan juga membagikan beberapa mitos tentang buah ini di masyarakat. Apa saja?

 

1 dari 1 halaman

Deretan Mitos Soal Durian

1. Durian mengandung kolesterol yang tinggi.

Jika dilihat dalam tabel nilai gizi dan nutrisi, jelas tertera bahwa buah durian tidak mengandung kolesterol.

2. Durian panas, jadi harus dimakan bersama buah manggis yang bersifat dingin.

Tidak ada istilah buah dingin dan buah panas dalam pengobatan modern. Kepercayaan itu tidak didukung oleh studi ilmiah. Mitos buah durian harus dimakan bersama dengan manggis mungkin disebabkan oleh kedua buah itu memiliki musim buah yang sama.

 Fakta dan Mitos Durian© shutterstock.com

3. Makan durian bisa meningkatkan gairah seks (libido).

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa buah durian bisa meningkatkan gairah seks atau menambah vitalitas.

4. Makan buah durian sambil minum minuman beralkohol efeknya sangat mematikan.

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut. Minum alkohol memang berbahaya. Tetapi mengonsumsi alkohol bersama dengan buah durian tidak meningkatkan bahaya alkohol jika durian tidak dimakan secara berlebihan.

Makan durian dan minum alkohol berlebihan dapat menyebabkan kram perut dan ketidaknyamanan di perut karena organ hati perlu bekerja lebih kuat untuk melakukan metabolisme terhadap lemak dan gula yang terkandung dalam alkohol dan durian.

Kesimpulannya, buah durian memiliki nilai gizi yang tinggi. Jika dimakan secara wajar dapat menjadi sumber energi, mineral dan vitamin yang baik.

Buah ini juga mengandung lemak tidak jenuh yang lebih baik daripada lemak jenuh. Makan 2-3 biji buah durian per hari sudah cukup.

Tapi, karena banyak yang kecanduan dan terobsesi, orang sering makan buah durian yang berlebihan. Makan durian yang berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh.

(Sumber: Facebook Dokter Rushdan Noor via Siakapkeli)

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup