CONNECT WITH US!

Bahaya Busa Saat Menyikat Gigi

Reporter : Dwi Ratih | Senin, 19 Juni 2017 15:52
(Foto: Ilustrasi/Shutterstock)
Adanya SLS bisa menyebabkan terlukanya kulit di rongga mulut.

Dream - Kebanyakan orang mengira semakin melimpahnya busa semakin bersih kosmetik yang kita gunakan. Karena itulah, sering kali mereka memilih pasta gigi, sabun, pembersih muka, atau kosmetik lain yang banyak menghasilkan busa saat digunakan.

Padahal, ampuh atau tidaknya pasta gigi yang kita gunakan tidak bergantung pada banyaknya busa. Adanya busa justru mengindikasikan pemakaian detergen yang berlebihan dan tentu berbahaya bagi tubuh.

Jenis detergen yang biasanya digunakan pasta gigi adalah sodium lauryl sulfate atau disingkat SLS. Sebagian besar pasta gigi yang ada di pasaran menggunakan detergen jenis ini untuk menciptakan busa.

Idealnya SLS bisa digunakan sekitar 0,0001 persen tapi pasta gigi yang beredar mengandung satu persen. Adanya SLS bisa menyebabkan terlukanya kulit di rongga mulut. Misalnya sariawan di lidah, dinding mulut, atau membuat gusi berdarah.

 Shutterstock

Semakin sering menggosok gigi menggunakan pasta gigi ber-SLS, sariawan semakin sukar sembuh dan bahkan dapat menjalar ke bagian lain. Bahkan SLS sangat berbahaya bila tertelan bahkan pemakaian jangka panjang dapat memicu kanker mulut (canker sores).

Adanya SLS juga membuat gigi kesulitan mengembalikan lapisan fluor. Fluor merupakan mineral yang dibutuhkan untuk menguatkan gigi dan menutup lubang tak kasat mata. Alhasil gigi mudah berlubang dan rusak.

Tentu saja, sariawan dan gigi berlubang merupakan masalah mulut yang paling utama. Dua hal ini menyebabkan kita tak nyaman menjalankan aktivitas sehari-hari.

Karena itulah, pilih pasta gigi tanpa SLS seperti Enzim Classic Mild. Meski minim busa, pasta gigi ini efektif membersihkan rongga mulut dan gigi dengan rasa yang lembut.

Enzim Classic Mild mengandung enzim-enzim dan protein-protein yang berfungsi untuk memperkuat kerja protein-protein alamiah di dalam air ludah. Efektif untuk membantu mempercepat penyembuhan sariawan, mengurangi bau mulut dan mencegah terjadinya gigi berlubang.

 Enzim

Di semua varian produk pasta gigi enzim terdapat kandungan enzim amiloglucosidase, glucose oxidase dan lactoperoxidase. Ketiga komponen enzim tersebut akan berbaur dengan air ludah dan berperan dalam pembentukan hypothiocyanite. Hipotiosianat berfungsi sebagai inhibitor untuk menghambat perkembangbiakan bakteri.

Jadi jangan salah pilih pasta gigi, gunakan yang tidak mengandung SLS dan mengandung enzim aktif seperti Enzim Classic Mild.

Merdeka Update - Kisah tragis Zoya hingga GIIAS 2017