Manfaat Gigi Sehat Bagi Psikologi Anak

Reporter : Dwi Ratih
Sabtu, 17 Juni 2017 16:40
Manfaat Gigi Sehat Bagi Psikologi Anak
Hal ini dikarenakan dengan gigi susu yang sehat, anak mengunyah makanan yang membuat proses penyerapan nutrisi ke otak juga optimal.

Dream - Gigi dan mulut yang sehat tentu berimbas pada kesehatan. Anak yang mempunyai gigi sehat akan mudah mengunyah dan menyerap nutrisi bagi pertumbuhannya. Gigi susu sehat akan memastikan gigi permanennya tumbuh rapi.

Namun ternyata, gigi yang sehat tak hanya mempengaruhi kesehatan fisik anak tetapi juga psikologisnya. Dilansir dari laman National Geographic, gigi yang sehat membuat anak berprestasi dan nyaman dengan penampilan fisiknya.

Saat anak nyaman dengan fisiknya, dia akan percaya diri menjalani berbagai aktivitas. Gigi yang sehat membuat anak aktif bertanya di kelas, berani berkomunikasi dengan orang lain.

Sedangkan gigi anak yang keropos dan tanggal akan berdampak buruk bagi prestasi dan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain.

Peneltian di negara maju membuktikan anak yang memiliki nilai rendah terjadi empat kali lebih besar pada anak yang giginya rusak. Dengan kata lain, dengan memiliki gigi susu yang sehat akan membantu perkembangan intelegensia (IQ) anak secara optimal.

Hal ini dikarenakan dengan gigi susu yang sehat, anak mengunyah makanan yang membuat proses penyerapan nutrisi ke otak juga optimal.

Gigi yang sehat juga membuat anak terbiasa memberikan senyuman kepada orang lain. Senyum menjadi emosi positif dan menyenangkan. Bagi anak, senyum penting bagi perkembangan sosialnya.

 Shutterstock

Sedangkan gigi yang ompong membuat anak jarang tersenyum dan kehilangan kepercayaan diri. Tentu saja, ini mempersulit mereka membangun kontak sosial. Mereka khawatir akan mendapatkan respon negatif saat menunjukan gigi tanggalnya saat tersenyum.

Sahabat Dream, anak-anak perlu diajari menjaga kesehatan mulut agar giginya terawat dengan baik. Caranya dengan membiasakan menggosok gigi setelah sarapan dan sebelum tidur dan membatasi makanan yang manis sewajarnya, tidak berlebihan.

Bukan melarang makanan manis lho ya, karena tingginya aktivitas di usia pertumbuhan anak membutuhkan asupan energi yang mudah diperoleh terutama dari makanan manis.

Pasta gigi dan sikat gigi menjadi instrumen penting merawat kesehatan mulut. Pilihlah ujung sikat yang pas dengan rongga mulut anak agar bisa membersihkan gigi dengan maksimal.

Sedangkan untuk pasta gigi pilihlah yang mengandung zat aktif untuk perlindungan gigi. seperti Enzim Anak. Pasta gigi ini diformulasikan untuk anak-anak dari bahan food grade sehingga ramah bagi lingkungan mulut dan aman bila tertelan.

Enzim Anak bermanfaat untuk menjaga agar gigi susu tetap tidak rusak hingga waktu tanggalnya.

Di dalam Enzim Anak mengandung zat enzim aktif seperti amyloglucosidase, glucose oxidase, lactoperoxidase yang bermanfaat untuk mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut sehingga kesehatan gigi dan mulut terjaga.

Karena menggunakan xylitol, Enzim Anak terasa manis tetapi mampu mencegah gigi berlubang.

Ayo tumbuhkan rasa percaya diri pada anak dengan gigi yang sehat. Enzim Anak mempunyai rasa buah-buahan (tutty fruity) yang pasti disukai buah hati.

 Enzim

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara