Cara Mudah Biar Tak Canggung Hadapi Orang Baru

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 13 Juni 2017 10:45
Cara Mudah Biar Tak Canggung Hadapi Orang Baru
Berikut ada delapan kiat berkomunikasi dengan orang baru dikenal.

Dream - Ramadhan menjadi momen untuk bertemu dengan orang-orang baru. Saat menunggu buka puasa, mengikuti kajian keagamaan, hingga berkumpul untuk bakti sosial, tentu seringkali berinteraksi dengan orang yang belum pernah dikenal.

Terkadang kita merasa canggung saat berhadapan dengan orang baru. Berikut ada delapan kiat berkomunikasi dengan orang baru dikenal.

1. Mulailah dengan kata sederhana

Berbicarakah hal-hal sederhana. Misalnya, " Hari ini panas sekali ya! Semoga kuat puasa kita."

2. Membuat orang baru bercerita tentang dirinya

Carilah topik yang mereka kuasai, tentu saja tentang mereka sendiri. Dengan pertanyaan seperti " Anda berasal dari mana?" membuat mereka tertarik menyambut percakapan. Jangan lupa perkenalkan diri kita.

3. Berikan pertanyaan yang memicu minat orang baru

Ketika seseorang bercerita tentang satu hal, coba bertanya lebih lanjut. Pada dasarnya, manusia cenderung senang membanggakan dirinya sendiri.

 Shutterstock

4. Perhatikan kontak mata

Kontak mata saat berbicara menunjukan kita perhatian dengan orang tersebut.

5. Ceritakan diri sendiri hanya saat diminta

Saat mereka balik bertanya, inilah saat kita menceritakan diri sendiri. Namun perlu diingat, sebaiknya tidak terlalu berlebihan membuka diri.

6. Cara topik aktual

Ketika suasana mulai hening, coba lontarkan topik aktual yang saat ini beredar.

7. Hindari kata yang menyinggung

Bercanda boleh asal tidak berlebihan. Usahakan topik yang dibicarakan tidak menyinggung perasaan orang lain.

8. Mengajak ke hubungan pertemanan

Meski baru pertama kali bertemu, tak ada salahnya mengajak berjumpa kembali. Misalnya di bakti sosial yang lain atau kegiatan yang lain. Hal ini membuat orang terkesan.

Sahabat Dream, meskipun menguasai delapan cara bertemu orang baru ini, jalinan pertemanan tak akan sukses jika mempunyai bau mulut dan nafas tak segar. Kita bisa mengatasi persoalan ini dengan rajin menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Salah satunya dengan Pasta Gigi Enzim Fresh Mint. Dengan rasa mint yang menyegarkan, terdapat kandungan enzim amiloglucosidase, glucose oxidase dan lactoperoxidase. Ketiga komponen enzim tersebut akan berbaur dengan air ludah dan berperan dalam pembentukan hypothiocyanite.

Hipotiosianat berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

Kandungan tersebut juga mampu memperkuat kerja protein alamiah di dalam air ludah.  Efektif untuk membantu mempercepat penyembuhan sariawan, mengurangi bau mulut dan mencegah terjadinya gigi berlubang.

Ayo mulai pertemanan di Bulan Ramadan dengan Enzim Fresh Mint.

 Enzim

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting