Bahaya Mulut Kering Bagi Kesehatan

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 16 Juni 2017 19:30
Bahaya Mulut Kering Bagi Kesehatan
Kurangnya air liur menyebabkan kulit di dalam mulut terasa kering dan ketat.

Dream - Saliva atau air liur membantu kita merasakan makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut. Saliva menjadi pembersih alami yang menekan pertumbuhan bakteri.

Air liur ini juga membilas partikel makanan dari gigi dan menetralisir asam untuk membantu mencegah kerusakan gigi.

Mulut kering dapat juga disebabkan oleh  sindrom sjögren. Sjögren adalah gangguan autoimun di mana sel darah putih menyerang kelenjar tubuh air mata dan ludah.

Selain itu, minuman beralkohol, rokok, cerutu atau produk bertembakau lainnya juga dapat memperburuk mulut kering.

Fungsi saliva ini terganggu ketika mulut kering atau xerostomia. Kurangnya air liur menyebabkan kulit di dalam mulut terasa kering dan ketat. Dinding mulut akan mudah mengalami iritasi atau luka sehingga menyebabkan sariawan.

Masalah lain seperti lidah yang terlalu kasar dan kering. Kemungkinan lain sulit menelan bahkan berbicara karena kekurangan ludah.

Sahabat Dream, jangan anggap remeh pada mulut kering. Mulut kering dapat menyebabkan kerusakan pada saraf kepala.

Untuk menambah produksi air liur bisa dengan mengonsumsi air putih dan buah-buahan. Mengunyah permen karet bebas gula juga merangsang produksi saliva.

Cara lain adalah memilih pasta gigi yang tepat. Sebaiknya tidak mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) atau detergen. Mengapa tanpa SLS? Karena SLS atau detergen sifatnya mengeringkan dan justru semakin mengeringkan mulut yang kering.

Selain tanpa detergen pasta gigi sebaiknya mempunyai zat yang melembabkan mulut, seperti pada pasta gigi Enzim 40 Plus.

Pasti gigi Enzim tidak mengandung detergen sehingga tidak membuat mulut kering. Kandungan colostrumnya bermanfaat memberikan kelembaban pada rongga mulut sehingga mulut tidak kering.

 Shutterstock

Colostrum bersinergi dengan enzimatik sistem yang ada di dalam pasta gigi Enzim, bermanfaat untuk meningkatkan kontrol terhadap bakteri di rongga mulut dan melembabkan mulut terutama pada kondisi mulut kering.

Enzim 40 Plus tidak hanya untuk mengatasi mulut kering tetapi juga bisa menghilangkan ngilu, mempercepat penyembuhan sariawan, dan mengatasi bau mulut. Di dalamnya terkandung zat aktif yang menangkal masalah gigi dan mulut.

Zat aktifnya seperti lysozyme dan lactoferrin bermanfaat untuk menangkal bakteri pathogen penyebab penyakit. Potassium Nitrate bermanfaat untuk menghilangkan ngilu pada gigi sensitif.

Serbuk Silica bermanfaat untuk menutup lubang dentin sehingga dapat mencegah terjadinya ngilu yang berulang.

Enzim 40 Plus ditambahi dengan allantoin yang bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka seperti sariawan dan gusi berdarah. Zinc Gluconate bermanfaat untuk menetralisir bau mulut.

Vitamin E bermanfaat untuk peremajaan jaringan setelah mengalami luka seperti sariawan dan gusi berdarah.

Kini tak perlu khawatir dengan masalah mulut kering setelah ada Enzim 40 Plus.

 Enzim

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik