Bersepeda Lebih Ampuh Susutkan Berat Badan Daripada Nge-Gym?

Reporter : Gladys Velonia
Senin, 6 November 2017 13:44
Bersepeda Lebih Ampuh Susutkan Berat Badan Daripada Nge-Gym?
Grup yang bersepeda turun hingga 4,2 kg.

Dream - Saat ingin menurunkan berat badan, satu tempat yang dipikirkan pasti pusat kebugaran (Gym). Namun butuh tekad kuat untuk datang ke sasana Gym di tengah pekerjaan yang menumpuk.

Daripada cuma bisa mengeluh, pernahkan kamu berpikir untuk menggantinya dengan bersepeda menuju tempat kerja?

Dilansir dari boldsky.com, studi terbaru yang dilakukan oleh Bente Stallknecht, professor University of Copenhagen di Denmark, menunjukkan jika bersepeda ke tempat kerja efektif menurunkan berat badan sama seperti pergi ke gym lima kali dalam seminggu.

" Ini kabar bahagia untuk semua orang yang bobot tubuhnya berlebihan dan tidak punya waktu untuk pergi ke tempat fitness," tutur Bente, dilansir Dream, Senin, 6 November 2017.

Penelitian yang dilakukannya menunjukkan hasil positif pada 130 orang berbobot tubuh berlebih dengan indeks masa tubuh 25-35 kg/m2, yang tidak aktif melakukan olahraga.

Ke-130 orang itu dibagi ke dalam empat grup. Grup pertama menggunakan sepeda untuk bolak-balik rumah ke kantor, grup kedua pergi ke gym lima kali seminggu dengan beban latihan yang sangat tinggi, grup ketiga pergi ke gym lima kali sehari dengan beban latihan ringan, dan grup terakhir tidak melakukan perubahan hanya menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasa karena berfungsi sebagai pengontrol.

Hasilnya, kalori grup yang bersepeda ke kantor terbuang sama banyak dengan grup yang pergi ke gym di waktu senggangnya selama seminggu. Dan dalam 6 bulan, semua grup yang berolahraga mengalami penurunan berat badan.

Grup yang pergi ke gym dan melakukan latihan berat turun hingga 4,5 kg, grup yang pergi ke gym dan melakukan latihan ringan turun hingga 2,6 kg, dan grup yang bersepeda turun hingga 4,2 kg.

" Semua kegiatan fisik yang dilakukan ketiga grup jauh lebih baik untuk kesehatan dibandingkan yang dilakukan oleh grup keempat sebagai pengontrol. Beban latihan yang berat lebih baik dibandingkan beban latihan ringan," jelas Jonas Salling Quist, Research Assistant di University of Copenhagen.

Selain baik untuk menurunkan berat badan, bersepeda juga bagus untuk:

1. Kontrol Tekanan Darah

2. Membantu mengontrol diabetes

3. Membantu mencegah serangan jantung

Jadi masih berpikir menurunkan berat badan hanya bisa dilakukan dengan nge-gym?

Beri Komentar