Infused Water Penyebab Gigi Sensitif?

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 10 April 2019 06:43
Infused Water Penyebab Gigi Sensitif?
Benarkah demikian?

Dream - Pernah merasa ggi ngilu saat menyantap hidangan panas atau dingin? Jika kamu sering mengalaminya kemungkinan gigimu sensitif atau dalam istilah kedokteran disebut hipersensitivitas dentin.

Gigi sensitif merupakan kondisi klinis umum yang dikaitkan dengan permukaan dentin yang terbuka. Kondisi ini paling sering dipicu hilangnya lapisan email yang meluas ke dentin.

Hasil survey Unilever melalui badan riset independen IPSOS pada 2018 memperlihatkan bahwa 1 dari 5 penduduk di Indonesia atau 19 persen dari total populasi mengalami keluhan gigi sensitif.

" Penderita gigi sensitif tersebut dibagi jadi dua kategori: penderita ringan (13%) dan penderita berat (6%). Dari total penderita tersebut, 93% dari total penderita tidak mengambil tindakan apapun untuk mengatasi keluhan gigi sensitifnya," ungkap Division Head of Health and Wellbeing Unilever Indonesia Foundation Unilever Indonesia, drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc,  dalam event Sentive Expert Pepsodent, Selasa, 9 April 2019..

 Sensitive Expert Pepsodent/Tri Yuniwati Lestari

Foto: Sensitive Expert Pepsodent/Tri Yuniwati Lestari

Hasil survey juga menunjukkan penderita gigi sensitif memiliki penyakit gusi, ulcers pada mulut, gigi goyang dan erosi email pada gigi.

Menurut drg Afifah, panggilannya, gaya hidup urban yang serba instan dan padat memengaruhi timbulnya gigi sensitif.

Tidak hanya kopi hitam maupun es krim, pola makan sehat seperti infused water dan konsumsi jus buah-buahan yang tinggi kadar asamnya juga mampu mengakibatkan gigi sensitif.

 shutterstock

Namun bukan berarti kamu sama sekali tak bisa mengonsumsi infused water. Drg Afifah mengatakan ada beberapa trik uagar kamu bisa mengonsumsi minuman ini tanpa merusak email pada gigi.

" Jangan meminumnya secara langsung, kalian bisa gunakan sedotan karena dapat meminimalkan atau mengurangi kontak antara air lemon dengan gigi," jelasnya.

Peminum infused water juga disarankan untuk minum air putih atau berkumur serta menghindari menyikat gigi langsung setelah minum air lemon

" Tunggulah hingga satu jam. Ini dikarenakan permukaan gigi yang melunak akibat berkontak dengan air lemon akan semakin rusak bila disikat," kata drg Afifah

Terakhir, yang penting Sahabat Dream lakukan adalah pilihlah sikat gigi dengan bulu yang lembut. Pakailah pasta gigi dengan kandungan fluoride dan khusus gigi sensitif, karena dapat memperkuat gigi.

(Sah, Laporan: Tri Yuniwati Lestari)

Beri Komentar
Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting