Jangan Diet karena Latah, Hasilnya Tak Bakal Efektif

Reporter : Gladys Velonia
Selasa, 28 November 2017 19:45
Jangan Diet karena Latah, Hasilnya Tak Bakal Efektif
Kondisi tubuh dan aktivitas fisik tiap orang berbeda, untuk itu ketahui dulu kebutuhan dan kebiasaan diri sendiri.

Dream - Demi mendapatkan bobot ideal serta bentuk tubuh yang ramping, diet memang jadi solusi tepat. Jika Sahabat Dream ingin melakukan diet, pastikan bukan hanya sekadar ikut-ikutan.

Ketahui dulu kondisi tubuh. Hitung berat badan dan buat target. Berkonsultasilah dengan ahli gizi agar mendapat saran pola diet yang baik.

Bukan hanya untuk menurunkan berat badan, hal terpenting dari diet adalah kondisi kesehatan tubuh tetap terjaga.

" Zaman sekarang banyak yang ikut-ikutan. 'Wah dia kurus karena makan ini ini, dia kurus karena diet ini, ikutan ah.' Malah tidak terlihat hasilnya," ujar seorang Healthy Food Specialist, Steby Rafael, di acara kampanye #YakinSehat? oleh Zurich Topas Life, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 28 November 2017.

 Acara kampanye sehat dari Zurich

Menurut Steby, mengadopsi pola diet dari orang lain memang tidak salah. Tetapi, hal yang harus diperhatikan agar diet berhasil adalah melihat sama atau tidaknya aktivitas fisik yang dilakukan.

" Biasanya yang dietnya gagal itu yang ikut-ikutan. Padahal tidak bisa, karena tiap hari aktivitas tiap orang itu beda-beda. Hal yang perlu diingat juga, diet itu tidak semuanya bikin kurus, tapi yang pasti bikin sehat," imbuh Steby.

Untuk itulah Steby memberikan tips diet bagi Sahabat Dream yang ingin menurunkan bobot tubuh dengan cara sehat. Pastikan makanan dalam piring yang dikonsumsi sehari-hari memiliki nutrisi yang lengkap.

" Dalam 1 piring harus dilihat kandungannya. Harus terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, mineral, serat, dan vitamin. Karbohidrat dan lemak ini kadang suka salah persepsi, malah dihindari dalam diet, padahal bermanfaat juga buat tubuh," jelas Steby.

Karbohidrat sendiri merupakan bahan bakar yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Sementara lemak, selain membantu regenerasi sel, juga membuat kenyang lebih lama.

" Siasati dengan mengonsumsi karbohidrat yang kompleks, seperti nasi merah. Sedangkan lemaknya diatur dengan mengonsumsi hewani tidak berlebihan, bisa juga dari nabati, seperti minyak zaitun yang mengandung lemak tidak jenuh yang baik buat tubuh," jelasnya.

(Sah)

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya