Masa Depan Obat Herbal Indonesia Sangat Menjanjikan

Reporter :
Kamis, 9 Maret 2017 13:01
Masa Depan Obat Herbal Indonesia Sangat Menjanjikan
Sayangnya, pemanfaatan tanaman obat saat ini belum dilakukan secara maksimal.

Dream - Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya hayati sangat beragam. Tanaman obat di negara ini bisa tumbuh sumbur. Sayangnya, belum banyak obat herbal terstandar yang diproduksi dalam negeri dengan memanfaatkan tanaman-tanaman obat tersebut.

Padahal jika ditilik obat-obatan herbal bisa jadi solusi yang sangat menjanjikan, baik untuk industri farmasi maupun bagi masyarakat, karena bahan baku obat tak perlu diimpor. Bisa diambil dari negara sendiri, sehingga harganya bisa jauh lebih murah.

" Terkait persoalan di atas, industri farmasi Dexa Medica, kian aktif untuk memproduksi obat herbal asli Indonesia dengan menggunakan bahan alam terstandar," kataDirektur Dexa Laboratories of Biomoleculer Sciences, Raymond R. Tjandrawinata, di Jakarta, Rabu 8 Maret 2017.

" Kami mengupayakan riset dari herbal asli Indonesia untuk menghasilkan bahan baku bioactive fraction, yang menghasikan banyak produk fitofarmaka. Sehingga bisa dijadikan bukti untuk pemerintah bahwa obat herbal juga memiliki efek setara dengan obat kimia," tambah dia.

Tim riset dari Dexa Medica yakin, dengan adanya inovasi baru dalam obat herbal bisa membuat Indonesia jadi negara yang lebih baik dalam hal pemanfaatan tanaman obat. Apalagi, obat herbal juga sudah mengalami kemajuan dengan adanya obat herbal terstandar yang sudah dibuktikan efikasinya melalui uji pra-klinik dan fitofarmaka yang sudah melalui uji klinik.

Keduanya juga telah memenuhi persyaratan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB). Dengan hal tersebut obat herbal diyakini memiliki efek yang sama dengan obat kimia.

Laporan Rifka Annisa

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie