Sederet Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Aktivitas di Tengah Pandemi

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Minggu, 5 Desember 2021 18:48
Sederet Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Aktivitas di Tengah Pandemi
Ada beberapa tips yang cukup bermanfaat.

Dream - Menjelang dua tahun masa pandemi, aktivitas perkantoran dan sekolah berangsur pulih. Para pekerja mulai WFO (Work From Office), dan anak-anak sekolah sudah melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Meskipun pandemi cukup terkendali saat ini, kamu masih tetap perlu waspada. Seiring meningkatnya pertemuan dengan kolega, interaksi anak sesama temannya di sekolah, dan keramaian di tempat umum membuat sulit menjaga jarak.

Shutterstock© Shutterstock

Tak dapat disangkal, meskipun banyak warga yang telah divaksin, faktanya bukan hanya virus Covid-19 saja yang harus diwaspadai. Juga perlu waspada terhadap virus flu, batuk dan pilek, dan penyakit lainnya yang sering menyerang daya tahan tubuh.

“ Walaupun kondisi pandemi semakin membaik dan telah menerima vaksin, namun jangan lengah untuk menjaga kesehatan. Apalagi imunitas berfungsi penting sebagai garda pertama kesehatan fisik kita," jelas Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Alergi Imunologi, Iris Rengganis pada rilis yang diterima Dream.

 

1 dari 2 halaman

Olahraga untuk Meningkatkan Respon Imun

Shutterstock© Shutterstock

Dr. Iris menyarankan untuk terus aktif berolahraga. Hal ini sejalan dengan otoritas kesehatan, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan World Health Organization (WHO) yang mendorong semua orang untuk olahraga teratur.

Hal ini karena, duduk terlalu lama terbukti menurunkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Seiring waktu, terlalu banyak duduk dan menghindari olahraga dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Tinjauan ilmiah 2019 di Journal of Sport and Health Science juga menemukan bahwa olahraga dapat meningkatkan respons imun, menurunkan risiko penyakit, dan mengurangi peradangan.

2 dari 2 halaman

Jaga Pola Makanan

Shutterstock© Shutterstock

" Selain aktif berolahraga dan pola makan sehat, asupan suplemen yang tepat bisa melengkapi upaya kita mengoptimalkan kesehatan tubuh kita," tambah dr Iris.

Dr Iris menyarankan untuk memilih suplemen dengan kandungan herbal seperti Bunga Kacapiring, Minyak Mur, Kemenyan India, Adas, Wortel Liar, dan Olive Oil juga memiliki fungsi anti inflamasi, anti bakteri serta antioksidan.

Salah satunya yang bisa menjadi pilihan adalah Rhea Health Tone yang telah melakukan uji klinis efektivitasnya dalam meningkatkan imun yang dilakukan oleh Rhea Sciences Indonesia bekerjasama dengan Prodia.

“ Uji klinis yang membuktikan efektivitas Rhea Health Tone dalam membantu pemulihan pasien Covid-19, juga turut memberikan validasi secara sains mengenai efektivitas kandungan minyak esensial alami yang ada dalam produk kami dalam menjaga imunitas tubuh,” jelas Head of Sales & Marketing PT. Rhea Sciences Indonesia, Yosua Tjajadi.

Beri Komentar