Rutin Olahraga Tetap Saja Cedera, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 19 Juli 2018 14:45
Rutin Olahraga Tetap Saja Cedera, Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Olahraga memang baik untuk kesehatan, tapi ada aturan mainnya.

Dream – Menjadikan olahraga sebagai aktivitas rutin tentu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi, berolahraga juga harus tahu porsinya. Jangan sampai karena terlalu berlebihan, malah membuatmu cedera.

Pada prinsipnya, cedera muncul karena gerakan tubuh yang salah atau minimnya pemanasan dan pendinginan. Berolahraga tanpa melakukan pemanasan dulu malah akan membaut otot tubuh belum siap menerima aktivitas berat. 

“ Pemanasan dan pendinginan sangat penting dilakukan, tapi sering dilupakan,” kata Instruktur Hip Hop Cardio di Jakarta, ditulis Kamis 19 Juli 2018.

Menurut Liliana, pemanasan dan pendinginan bertujuan untuk mempersiapkan dan meregangkan otot agar tidak cedera atau keram. Untuk tahap ini tak tak ada batas durasi minimal.

Gerakan pemanasan idealnya dilakukan dengan menggerakkan seluruh bagian tubuh dari bagian kepala hingga kaki.

“ Pemanasan dibagi dari kepala, bahu, dada, pinggang hingga kaki. Kalau kepala dan bahu, minimal ada gerakan memutar. Lalu, stretching otot iga dan kaki,” kata dia.

Selain tahap pemanasan dan pendinginan, faktor pakaian olahraga juga harus diperhatikan. Liliana menyarankan agar memilih pakaian yang mudah menyerap keringat, longgar, dan ringan agar gerak tubuh tak terbatasi. 

“ Kalau tidak menyerap keringat, kita akan gampang masuk angin," ujarnya. 

Disarankan juga menghindari berolahraga dengan pakaian berbahan jeans atau celana yang terlalu ketat atau longgar. " Saya sarankan untuk pakai bahan ringan, sports bra, dan sepatu yang nyaman serta bisa menopang badan supaya tidak cepat capek,” kata dia.

Agar lebih efektif dan mencegah cedera otot, Liliana mengatakan olah raga dilakukan secara rutin. Membiasakan tubuh dengan jadwal olahraga yang sama akan membuat otot terlatih, lemak terbakar dan tubuh sehat.

“ Olahraga minimal 3 kali seminggu, selama 30 menit sampai 1 jam. Pilihan olahraganya bisa beragam karena semua jenisnya bermanfaat untuk tubuh. Yang penting, rutin dijalankan dengan intensitas sama,” kata dia.

(Sah)

Beri Komentar