3 Tips Sederhana Cegah Diabetes dari Hal-Hal Kecil, Yuk Dimulai!

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 8 Januari 2020 09:36
3 Tips Sederhana Cegah Diabetes dari Hal-Hal Kecil, Yuk Dimulai!
Sahabat Dream bisa memulai dari hal kecil.

Dream - Tak sedikit orang menganggap menjalani gaya hidup sehat itu rumit dan melelahkan. Salah satu keluhan yang sering kita dengar adalah orang-orang yang tak terbias dengan pola konsumsi makanan dan minuman yang teratur.

Para penganut gaya hidup sehat juga dituntut untuk memperhatikan aktivitas harian. Selain pola makan, mereka juga harus menjaga jam tidur, rutin berolahraga, dan rutinitas baru lainnya. 

Meski harus diakui cukup berat, Sahabat Dream sebenarnya bisa memulai gaya hidup sehat lewat hal-hal kecil. Jika sudah lulus di tahap ini, kamu bisa melangkah ke level yang lebih tinggi.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengatur pola asupan yang baik untuk tubuh. Cara ini terutama buat kamu yang berisiko terserang penyakit tertentu seperti diabetes.

shutterstock© shutterstock.com

1 dari 4 halaman

Mulai dengan Cara Ini

Langkah paling sederhana yang bisa dilakukan untuk menghindari daibeter adalah mengurangi konsumsi makanan mengandung gula.

" Kurangi gula, makanan berlemak dan garam," tutur Pendiri Komunitas Sobat Diabet, Rudy Kurniawan di Kuningan City, Jakarta Selatan, Selasa 7 Januari 2020.

Sun Life© dream.co.id/Cynthia Amanda Male

Rudy Kurniawan/Foto: Dream-Cynthia Male

2 dari 4 halaman

Jika masih ingin mengonsumsi minuman manis, Sahabat Dream bisa meminta tolong agar gulanya dipisah atau mengurangi takarannya.

" Bisa dimulai dari mengurangi takaran gula atau tidak menuangkan keseluruhan gula yang dikasih ketika beli minuman," tambahnya.

shutterstock© shutterstock.com

3 dari 4 halaman

Kurangi Makanan Bersantan dan Gorengan

Selain itu, kurangi makanan berminyak seperti santan atau gorengan.

" Kalau makan minyak yang kuah-kuah, jangan terlalu banyak dihabisin. Selain banyak mengandung minyak, kandungan garamnya tinggi."

shutterstock© shutterstock.com

 

4 dari 4 halaman

Eits, Jangan Terlalu Banyak Pakai Garam

Kandungan garam yang tinggi dapat menimbulkan risiko hipertensi dan memicu diabetes.

shutterstock© shutterstock.com

" Karena biasanya, diabetes itu nggak sendirian. Biasanya, ada sindrom metabolik, mulai dari hipertensi, gangguan kolesterol dan lain-lain," tutupnya.(Sah)

Beri Komentar