Bahaya Penyakit Pernapasan bagi Bumil Seperti Diidap Artis FTV Saphira Indah

Reporter :
Kamis, 31 Januari 2019 12:40
Bahaya Penyakit Pernapasan bagi Bumil Seperti Diidap Artis FTV Saphira Indah
Penyakit pernapasan pada beberapa kondisi memang sangat mematikan bagi ibu hamil.

Dream - Kabar meninggalnya artis FTV, Saphira Indah membuat kaget banyak orang. Perempuan cantik yang disebut kakak tercantik oleh Ayu Ting Ting ini meninggal dalam kondisi tengah hamil.

Usia janin dalam kandungan Saphira dikabarkan sudah mencapai 6 bulan.

Dikutip dari Liputan6.com, menurut keterangan Rico Hidros Daeng, suami Saphira, istrinya meninggal dunia karena masalah pernapasan dan penyakit paru-paru. Penyakit pernapasan pada beberapa kondisi memang sangat mematikan bagi ibu hamil.

Salah satu yang harus diawasi secara ketat jika merencanakan kehamilan adalah asma. Dikutip dari Hello Sehat, asma termasuk masalah medis serius yang memiliki potensi menyulitkan, serangannya sering tidak terduga dan bisa mengancam keselamatan kehamilan.

Ketika seorang perempuan dengan asma hamil, penelitian menunjukan sepertiga pasien membaik, lalu sepertiga memburuk, dan sepertiga terakhir tidak menunjukkan perubahan apapun. Hal ini terungkap dalam penelitian yang dipublikasi National Health Service (NHS).

Sebuah tinjauan studi tentang asma dan kehamilan menemukan bahwa jika gejala asma memburuk, kemungkinan besar terjadi pada trimester kedua dan ketiga (setelah sekitar 13 minggu), dengan puncak di bulan keenam.

Studi lain menemukan bahwa gejala yang paling buruk terjadi antara di minggu 24 hingga 36.

Setelah itu, gejala menurun dan sekitar 90 persen wanita tidak memiliki gejala asma selama persalinan atau kelahiran.

Bagi Sahabat Dream yang memiliki riwayat asma dan sedang hamil, informasikan secara detail pada dokter kandungan. Termasuk jika mengalami serangan sesak napas, tak boleh disepelekan sedikit pun.

1 dari 4 halaman

Berpengaruh pada Kehamilan

Kehamilan dapat mempengaruhi pasien asma dalam berbagai cara. Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan dapat mempengaruhi hidung, sinus, dan juga paru-paru.

Peningkatan hormon estrogen selama kehamilan berkontribusi terhadap kemacetan kapiler (pembuluh darah kecil) di lapisan hidung.

 Asupan Zat Besi Pada Ibu Hamil Minimalisir Resiko Autisme

Hal tersebut bisa menyebabkan hidung tersumbat selama kehamilan (terutama selama trimester ketiga). Lonjakan progesteron menyebabkan peningkatan pernapasan, dan perasaan sesak napas mungkin dialami sebagai hasil dari peningkatan hormon.

Rangkaian peristiwa ini mungkin disalahpahami dengan atau menambah alergi atau pemicu lain dari asma.

Cara terbaik untuk memastikan kehamilan yang sehat adalah untuk menjaga asma terkontrol dengan baik dengan tetap berpegang pada rencana pengobatan asma. Jika asma terkontrol dengan baik, hanya ada sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali risiko buruk bagi Anda atau janin.

Penjelasan selengkapnya baca di sini

2 dari 4 halaman

Innalillahi, Artis Saphira Indah Meninggal dalam Kondisi Hamil

Dream - Kabar duka satang dari dunia hiburan Tanah Air. Pemain film sekaligus pesinetron Saphira Indah meninggal dunia pada Rabu malam, 30 Januari 2019, dalam usia 32 tahun.   Kabar meninggal Saphira dibenarkan oleh managernya, Luna. " Benar tadi jam 21.00 lewat. Mohon doanya ya," ujar Luna saat dihubungi, Kamis, 31 Januari 2019.

 Saphira Indah

Almarhum Saphira Indah saat mengunggah #10YearChallenge

(Foto: Instagram @saphira_indah)

  Mengenai penyebab meninggalnya Saphira, Luna tidak mengetahui persis. Yang pasti Saphira meninggal dalam kondisi tengah hamil 6 bulan.   " Kalau masalah itu saya masih belum jelas. Katanya dia tidak sakit apa-apa," ujarnya.   Pemeran Uni dalam film Eiffel, I`m in Love 2 itu sudah dibawa ke rumah duka orangtua. " Di Tanjung Priok, jenazah dibawa ke rumah orangtuanya," imbuhnya.  

3 dari 4 halaman

Film dan Sinetron Saphira Indah

Saphira dikenal sebagai artis muda berbakat. Sejumlah sinetron dan film pun dilakoninya. Berikut beberapa judul film yang dibintanginya :

1. Eiffel... I'm in Love, 2003 
2. Virgin 3: Satu Malam Mengubah Segalanya Dini, 2011
3. Poconggg Juga Pocong, 2011
4. Rumah Kosong, 2014
5. Villa 603, 2015
6. Eiffel... I'm in Love 2, 2018 

 Saphira Indah

(Foto: Instagram @saphira_indah)

Tak cuma pandai berakting di layar lebar, Saphira juga kerap bermain di layar kaca sinetron dan FTV, berikut di antaranya: 

1. Aku Ingin Hidup, 2004 
2. www cinta.com, 2005
3. Tendangan Si Madun, 2012 
4. Takdir Cintaku, 2012
5. Layla Majnun, 2012
6. Kharisma, 2012
7. Raden Kian Santang, 2012-2014
8. Ganteng Ganteng Serigala, 2015
9. Sinema Pintu Taubat, 2016

4 dari 4 halaman

Saphira Indah Meninggal, Ayu Ting Ting Sebut `Kakak Tercinta`

Dream - Kabar duka dari dunia hiburan Tanah Air. Artis muda, bintang sinetron dan sejumlah film, Saphira Indah meninggal dunia dalam usia 32 tahun. 

Kabar duka disampaikan sejumlah rekan sesama artis, termasuk dari Ayu Ting Ting. Ayu memanggil `kakak` kepada almarhumah yang meninggal dalam kondisi hamil 6 bulan itu. 

" Innalillahi wa inna illaihi rojiun turut berduka cita sedalam" nya telah berpulang ke rahmatullah kakaku tercinta @saphira_indah ya allah smg arwah almarhumah dterima disisi Allah SWT dan dtempatkan yg paling layak dan mulia ya allah di sisi Allah SWT amin...... smg keluarga yg dtinggalkan diberikan ksabaran dan ketabahan pak @ai_djagger,"   tulis Ayu Ting Ting di lini masa akun instagramnya @ayutingting92 dikutip Dream, Kamis 31 Januari 2019.  

Banyak netizen yang juga mengucap duka untuk Saphira. Seperti yang diucapkan beberapa warganet berikut: 

" Aamiin... semoga Husnul khtimah.."  ucap akun @dewimutimut.

" Semoga amal & ibadahnya ditsrima allah swt,"  unggah@darsono.nano.568

 Ayu Ting Ting dan Saphira Indah

 

(Foto: Instagram @ayutingting92)

 Saphira Indah

(Foto: Instagram @saphira_indah)

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-