Waspadai Tanda-tanda Kanker pada Anak

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 9 Desember 2015 09:02
Waspadai Tanda-tanda Kanker pada Anak
Kanker pada anak dapat diprediksi lebih awal dengan tanda-tanda yang umum muncul. Wajah anak akan terlihat pucat, memar serta terjadi pendarahan dan nyeri tulang. Lalu muncul pembengkakan.

Dream - Penyakit leukimia mencetak angka kematian tertinggi di Indonesia. Angka itu kian hari semakin meningkat sekitar 60 hingga 70 persen.

" Kanker pada anak dapat diprediksi lebih awal dengan tanda-tanda yang umum muncul,"  ujar Dokter Spesialis Anak, Harini Intan, di Senayan City kemarin. 

Selain penyakit tersebut, kanker retina blastoma atau tumor mata kini banyak menyerang anak-anak di Indonesia. Namun hal itu dapat dideteksi sejak awal sebagai upaya pencegahan.

Intan menyarankan agar anak di bawah tiga tahun sebaiknya melakukan imunisasi secara rutin. Cirinya, seperti wajah anak akan terlihat pucat, memar serta terjadi pendarahan dan nyeri tulang.

" Lalu muncul benjolan atau pembengkakan tanpa disertai rasa sakit dan juga demam," ujar Dokter yang bertugas di Rumah Sakit Dharmais. 

Intan menambahkan, para orangtua juga memperhatikan perkembangan badan anak, waspadai jika terjadi penurunan berat badan tanpa alasan.

Anak menderita demam, batuk yang disertai dengan sesak napas dan keringat di malam hari. Lalu perut juga mengalami pembengkakaan secara tidak wajar.

" Terakhir dapat dilihat pupil anak berubah menjadi putih atau juling. Terus daerah di sekitar mata juga terlihat bengkak dan memar," tuturnya.

Kebanyakan kasus retina blastoma disebabkan faktor genetik atau keturunan.

" Tapi selain faktor keturunan juga bisa disebabkan sinar matahari dan pola makan ya. Sebaiknya jika sudah terlihat tanda-tandanya maka segera konsultasi ke dokter," tutup Intan. (Ism) 

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair