Goa Indah Ini Jadi Sarang Ribuan Kecoak

Reporter : Puri Yuanita
Kamis, 3 Desember 2015 20:41
Goa Indah Ini Jadi Sarang Ribuan Kecoak
Di gua ini, hewan menjijikkan itu akan dijumpai dalam jumlah yang sangat banyak, bahkan hingga ribuan.

Dream - Ekspektasi pertama yang diinginkan traveler saat memilih untuk berlibur ke gua adalah ingin menyaksikan pemandangan formasi batuan yang indah.

Namun bagaimana jadinya jika keindahan tersebut berbalut ribuan kecoak yang menempel di dinding goa? Pemandangan inilah yang akan Anda dapatkan jika berkunjung ke Goa Gomantong yang berada di Sabah, Malaysia.

Kecoak adalah binatang yang dikenal kotor dan menjijikkan. Dan di Goa Gomantong, hewan menjijikkan itu akan dijumpai dalam jumlah yang sangat banyak, bahkan hingga ribuan.

Dilansir dari situs resmi pariwisata Sabah, goa ini tepatnya berada di Bukit Gomantong, sekitar 100 km dari kota Sandakan, Sabah, Malaysia.

Goa Gomantong tentu saja bukan destinasi wisata yang direkomendasikan bagi Anda yang jijik terhadap kecoak. Pasalnya hampir seluruh bagian dinding dan lantai gua ini diselimuti oleh kerumunan serangga yang satu ini.

Goa Gomantong terbagi menjadi dua bagian, yaitu Simud Hitam, ruang yang mudah diakses traveler karena berada di dekat pintu masuk. Bagian lainnya adalah Simud Putih yang letaknya berada di dalam.

Ruang-ruang gua ini sudah sejak lama digunakan menjadi tempat budidaya burung walet sehingga burung penghasil sarang berharga fantastis itu mudah dijumpai di dalamnya.

Selain walet, banyak pula kelelawar yang menjadi penghuni tetap gua. Konon, banyaknya kotoran berbau menyengat yang dihasilkan burung dan kelelawar itulah yang membuat kecoak betah tinggal dan berkembang biak di gua ini.

Menariknya, meski dihuni ribuan kecoak, Goa Gomantong tak pernah sepi pengunjung. Kehadiran ribuan makhluk menjijikkan itu justru membuat mereka penasaran untuk datang. Selengkapnya klik di sini. (Ism) 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

1 dari 5 halaman

Geger Temuan Goa Penuh Batu Berkilau

Dream - Penemuan goa berisi batu berkilauan di Dusun Rojing, Desa Blaban, Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, membuat warga heboh. Goa menakjubkan itu ditemukan saat warga menggali sumur.

Goa tersebut mulanya ditemukan oleh seorang warga bernama Sati (40), saat menggali sumur di dekat rumahnya pada Selasa 3 Maret 2015. Temuan itu segera dilaporkan kepada Kepala Desa Blaban, Sukrianto.

Setelah dilaporkan, warga dan aparat pun masuk kedalam. Dan ternyata, mereka baru benar-benar percaya bahwa yang ditemukan itu, goa yang dipenuhi dengan bebatuan yang berkilauan.

Sang Kepala Desa yang turut masuk ke dalam goa pun mengaku terperanjat dengan keindahan di dalam gua itu. Dia melihat gua itu berdinding batu mulia yang berwarna-warni. Dia bahkan menyebut bebatuan di dalam goa itu merupakan harta karun.

Kabar penemuan goa itu dengan cepat menyebar ke masyarakat. Sehingga banyak orang mendatangi lokasi penemuan. Namun, mereka dilarang masuk dan gua itu kemudian dijaga oleh polisi.

Bagaimana keindahan gua yang menggegerkan warga itu, lihat di sini. (Ism)

 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

2 dari 5 halaman

Teka-teki Goa Tempat Ashabul Kahfi Tidur Selama 300 Tahun

Dream - Kisah Ashabul Kahfi sudah tak asing buat kaum Muslim. Kisah tujuh pria yang tertidur di dalam goa selama tiga abad, ditemani oleh seekor anjing. Kisah itu juga diceritakan dalam Alquran.

Namun, tahukah di mana goa yang dijadikan tempat Ashabul Kahfi untuk tidur? Pertanyaan itu membawa para ilmuwan melakukan penelitian. Dan sedikitnya sudah ada 104 penelitian mengenai masalah ini.

Berdasarkan penelitian, paling tidak ada 33 lokasi yang diduga sebagai gua itu. Yang paling disoroti dari berbagai situs tersebut adalah gua yang berada di Yordania. Tepatnya di wilayah ar-Rahib, berada di 1,5 km timur kota Abu Alanda.

Benarkah tempat itu menjadi tempat Ashabul Kahfi tidur? Baca selengkapnya di tautan ini. (Ism)

 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

3 dari 5 halaman

Goa Makam

Dream - Tempat menyeramkan di dunia yang pertama adalah sebuah goa dengan kedalaman 20 meter di bawah kaki gereja bernama Notre Dame.

Goa ini bukanlah tempat untuk berperang ataupun berlindung dari musuh saat penjajahan, melainkan tempat bersemayamnya 6 sampai 7 juta penduduk Paris.

Pada abad ke-18, pemerintah Paris merasa bahwa pemakaman tradisional menimbulkan risiko penyebaran penyakit.

Itu mengapa, mereka membuat terowongan atau gua sepanjang 11.000 mil untuk memakamkan orang-orang yang telah tiada. 

4 dari 5 halaman

Goa Ini Simpan Fakta Mengejutkan Tsunami Aceh

Dream - Sebuah goa ditemukan dekat pusat gempa tsunami Aceh yang melanda Indonesia beberapa tahun silam. Goa ini diperkirakan menyimpan 'jejak' ombak raksasa tsunami sejak 7.500 tahun yang lalu.

Keberadaan goa ini sekaligus menjadi 'petunjuk' kapan kira-kira bencana tsunami berikutnya bisa terjadi di Indonesia.

Temuan goa di pesisir Aceh ini menunjukkan bukti adanya alur waktu terpanjang dan terinci dari tsunami-tsunami yang pernah terjadi di lepas pantai bagian barat Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Goa batu kapur ini terletak hanya beberapa meter di lepas pantai Banda Aceh. Tepatnya di dekat pusat gempa bumi berkekuatan 9,1 skala richter yang memicu ombak setinggi 30 meter pada 26 Desember 2004 lalu.

Berada satu meter di atas ombak setinggi lutut, goa ini cukup kokoh dari hempasan badai dan angin.

Para peneliti sudah sejak tahun 2011 lalu menemukan dan meneliti goa ini. Mereka menemukan endapan pasir dasar laut yang tersapu ke dalam goa berusia ribuan tahun itu. Endapan pasir itu kemudian berubah menjadi lapisan-lapisan bebatuan yang tersusun rapi di dalam goa.

Analisis lanjutan mereka membuktikan bahwa terdapat pula materi-materi berupa kulit kerang dan sisa-sisa organisme miskroskopis.

Temuan materi-materi itu berujung pada kesimpulan bahwa setidaknya telah terjadi 11 kali tsunami yang pernah menerjang daerah itu sebelum tahun 2004. Selengkapnya baca di sini.    

5 dari 5 halaman

Son Doong, Goa Terbesar dan Termahal Sejagat

Dream - Tahukah Anda gua terbesar dan termahal sejagat? Adalah Goa Son Doong yang berada di kawasan Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, Kabupaten Bo Trach, Provinsi Quang Binh, Vietnam.

Jika dilihat dari peta, goa terbesar di dunia ini tepat berada di tengah-tengah negara Vietnam, di antara kota Hanoi dan Ho Chi Minh.

Goa Son Doong sempat terpendam selama ribuan tahun dan tak terjamah oleh siapapun. Hingga pada tahun 1991, penduduk setempat mengetahui keberadaan gua ini namun belum berani memasukinya.

Namun seiring waktu, Son Doong justru menjadi buruan destinasi bagi para pecinta wisata alam. Para penjelajah goa mulai banyak berdatangan mengunjungi gua sejak keberadaannnya mulai banyak diekspos pada 2009 lalu.

Meski menjanjikan sensasi petualangan fantastis, jangan dulu tergiur untuk mendatangi gua ini. Pasalnya, dibutuhkan nominal yang tak sedikit untuk bisa berwisata ke Son Doong.

Percaya atau tidak, untuk bisa masuk ke Son Doong para pengunjung harus merogoh kocek sebesar US$3.000 atau sebesar Rp 36 juta. Terbilang sangat mahal untuk sebuah tiket masuk obyek wisata alam.

Di balik harga tiket masuk yang super-mahal, pemerintah Vietnam beralasan agar intensitas pengunjung tak membludak sehingga ekosistem goa tetap terjaga.

Nah, jika Anda tertarik untuk menjelajahi Gua Son Doong, pemerintah Vietnam bekerja sama dengan pihak Oxalis Adventures dalam menyediakan paket tur khusus ke dalam gua. Dalam setahun, Gua Son Doong hanya boleh dikunjungi maksimal oleh 224 wisatawan saja.

(Ism, Sumber: Amusing Planet)

Beri Komentar