5 Cara Mengecilkan Perut Buncit, Cepat dan Aman

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Jumat, 9 Agustus 2019 06:48
5 Cara Mengecilkan Perut Buncit, Cepat dan Aman
Perut buncit? Inai adalah hal yag meresahkan bagi semua orang. Yuk simak cara mengecilkan perut buncit berikut ini.

Dream – Mengecilkan perut buncit tidaklah gampang, bagi sebagian orang. Banyak orang berusaha keras menemukan cara mengecilkan perut buncit mereka, namun tak sedikit yang gagal.

Perut buncit memang membuat orang tidak percaya diri. Lemak yang menumpuk di perut buncit, atau lemak visceral, bisa menimbulkan masalah serius bagi kesehatan.

Orang yang memiliki perut buncit punya risiko terkena penyakit lebih tinggi. Jantung, stroke, hingga diabetes, bisa menyerang sewaktu-waktu. Selain itu juga perlu diketahui bahwa perut buncit merupakan salah satu gejala terkena sindrom metabolic.

Bahaya memiliki perut buncit itu membuat kita harus waspada terhadap perut buncit. Jangan lagi menganggap sepele perut yang buncit.

Tapi tenang saja, ada cara mengecilkan perut buncit yang cepat dan aman. Jika kalian melakukannya secara rutin, jangan kaget bila buncit di perut kalian akan hilang dalam waktu dekat.

Simak cara menghilangkan perut buncit berikut ini:

1 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit: Rajin Berolahraga

Cara mengecilkan perut buncit yang pertama adalah dengan rajin olah raga. Cara ini merupakan salah satu cara termudah agar bisa mengecilkan perut buncit.

Meskipun begitu, tidak sedikit orang susah berolah raga. Terdapat banyak alasan yang mendasari tindakan tersebut mulai dari tidak bisa berolah raga hingga beralasan gaya gravitasi kasur lebih kuat daripada dirinya.

5 Cara Mengecilkan Perut Buncit, Cepat dan Aman© shutterstock

Apakah kalian salah satunya? Jika iya, sebaiknya ubah pemikiran kalian itu sebab tanpa berolah raga perut buncit kalian tidak akan pernah hilang. Tidak perlu banyak alasan, kalian bisa melakukan olah raga ringan saja jika dirasa tidak mampu untuk melakukan olah raga berat.

Olah raga yang bisa kalian lakukan, misalnya berenang, bulu tangkis, kardi atau hanya jogging saja. Jika kalian tidak memiliki waktu luang, sebaiknya lakukan push up ataupun sit up di setiap kesempatan.

2 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit: Mengonsumsi Serat Larut

Sebuah studi menyatakan bahwa dengan mengonsumsi serat larut dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat kalian lebih cepat merasakan rasa kenyang.

Tidak hanya itu saja, sebuah penelitian observasional yang telah dilakukan selama lima tahun menunjukkan bahwa dengan adanya peningkatan serat larut sebesar sepuluh gram, maka akan menyebabkan terjadinya penurunan lemak pada perut sebesar 3,7%.

5 Cara Mengecilkan Perut Buncit, Cepat dan Aman© shutterstock

Mengapa demikian? Serat larut merupakan salah satu jenis serat yang mampu menyerap air yang nantinya akan membentuk gel. Gel inilah yang akan membantu untuk memperlambat makanan pada saat sedang melewati sisitem pencernaan.

Serat larut juga bisa menurunkan jumlah kalori yang telah masuk dan diserap oleh tubuh. Kalian bisa menemukan kandungan serat larut pada makanan seperti alpukat, kacang polong, wortel, buah berry, dan masih banyak lainnya.

3 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit: Mengonsumsi Minyak Kelapa

Sebuah penelitian menemukan bahwa dengan mengonsumsi minyak kelapa rutin setiap hari selama 12 minggu mampu untuk menghilangkan lemak perut sekitar 1,1 inci atau 2,86 cm.

Penelitian in menggunakan pria gemuk sebagai objek penelitiannya dan pada penelitian ini tidak mengubah pola olah raga atau diet yang sedang dilakukannya.

5 Cara Mengecilkan Perut Buncit, Cepat dan Aman© shutterstock

Studi lain juga menunjukan bahwa rantai asam lemak yang terkandung di dalam minyak kelapa dikenal sebagai asam lemak rantai menengah (MCFA). Dengan begitu, minyak kelapa dapat meningkatkan metabolisme serta mengurangi kadar lemak yang tersimpan di tubuh terutama perut.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya kalian mengonsumsi 30 ml (2 sdm) minyak kelapa setiap harinya secara rutin. Meskipun begitu, perlu diingat bila minyak kelapa juga masih mengandung kadar kalori yang tinggi.

4 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit: Mengurangi Minuman Manis

Cara mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah dengan mengurangi minuman manis setiap harinya. Sebuah penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang saling berkaitan antara mengonsumsi minuman tinggi fruktosa dengan peningkatan lemak pada perut. Minuman manis tentu saja akan mengandung fruktosa (jenis glukosa lain) cair yang terbilang cukup tinggi.

5 Cara Mengecilkan Perut Buncit, Cepat dan Aman© shutterstock

Bahkan, fruktosa dan pemanis buatan tersebut juga bisa menimbulkan penyakit lainnya. Terdapat sebuah penelitian yang membuktikan bahwa minuman manis yang mengandung fruktosa ataupun pemanis buatan dapat menyebabkan terjadinya peningkatan lemak pada hati.

Memang, untuk menghindari minuman manis tidaklah mudah untuk dilakuakn, namun jika kalian ingin mengecilkan perut buncit inilah cara yang harus kalian terapkan. Kurangi konsumsi minuman seperti minuman bersoda, minuman kemasan, hingga sirup.

5 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit: Tidur yang Cukup

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki waktu tidur yang tidak cukup akan mengakibatkan kenaikan berat badan dan juga termasuk menumpuknya lemak di dalam perut.

Tidak hanya itu saja, sebuah studi yang dilakukan pada wanita menemukan fakta bahwa mereka yang tidur selama kurang dari lima jam setiap malamnya akan berisiko mengalami kenaikan berat badan.

5 Cara Mengecilkan Perut Buncit, Cepat dan Aman© shutterstock

Mengapa demikian? Pada malam hari, seseorang akan mudah mengalami sleep apnea. Sleep anea merupakan kondisi dimana pernafasan menjadi pendek-pendek yang ternyata sangat berkaitan dengan penumpukan lemak perut (visceral). Untuk itu, selain memiliki waktu tidur selama 7 jam, pastikan jug ajika tidur kalian berkualitas. Jika memang ternyata kalian mendapati terkena sleep apnea, segeralah untuk berkonsultasi ke dokter.

Sumber:  honestdocs dan doktersehat

Beri Komentar