Makan Sosis Bisa Picu Sel Kanker Pankreas?

Reporter : Ayik
Jumat, 20 Februari 2015 07:04
Makan Sosis Bisa Picu Sel Kanker Pankreas?
Kandungan carcinogenic precursor atau sodium nitrit yang sering ditemukan dalam olahan sosis atau daging asap inilah penyebab aktifnya sel kanker saat menyantap sosis.

Dream - Mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar pengawet tinggi umumnya kini menjadi kesukaan bagi orang-orang di sejumlah kota besar. Hal ini dianggap praktis dan enak saat disantap. Bagi Anda yang gemar menyantap sosis, coba lebih berhati-hati.

Sebuah penelitian yang dilakukan British Journal of Cancer seperti dikutip Dailymail baru-baru ini menunjukan bahwa sosis dapat memicu timbulnya kanker pankreas. Kandungan carcinogenic precursor atau sodium nitrit yang sering ditemukan dalam olahan sosis atau daging asap inilah penyebab aktifnya sel kanker saat menyantap sosis.

Gejala yang ditimbulkan tidak muncul begitu saja, misalnya saja didahului dengan sakit punggung, hilang nafsu makan, dan berat badan turun. Hal lain yang mendukung timbulnya kanker pankreas adalah merokok, alkohol berlebih dan obesitas.

Menurut Dailymail, seorang ilmuan asal Swedia, Profesor Susana Larsson, mengatakan mengkonsumsi 50 gram daging olahan atau setara dengan satu sosis setiap hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker pankreas sebesar 19 persen.

Sementara orang yang mengkonsumsi 100 gram tiap hari risikonya meningkat jadi 38 persen dan 57 persen bagi mereka yang mengkonsumsi 150 gram tiap hari.

Penelitian yang dilakukan British Journal of Cancer juga memaparkan data dari 11 studi termasuk 6.643 kasus kanker pankreas disebabkan karena mengkonsumsi daging olahan seperti sosis.

Profesor Susana Larsson juga mengatakan bahwa, " Penderita kanker pankreas memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih rendah."

Lebih dari 8.000 jiwa warga Inggris telah didiagnosis terkena kanker pankreas setiap tahun.

Sumber:Dailymail

Beri Komentar