8 Manfaat Air Sungai bagi Kehidupan Sehari-hari, Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 14 Juni 2022 10:48
8 Manfaat Air Sungai bagi Kehidupan Sehari-hari, Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup
Air sungai harus selalu dijaga kebersihannya agar tetap bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Dream – Sungai memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia, hewan, maupun lingkungan. Salah satu peran sentral sungai adalah mengalirkan air yang menjadi kebutuhan pokok bagi setiap makhluk untuk bisa terus mempertahankan hidup. Vitalnya keberadaan sungai membuat semua orang memiliki tanggung jawab bersama untuk menjaganya agar senantiasa lestari.

Pernahkah kamu membayangkan sungai dengan kondisi air yang hitam pekat bahkan berbusa? Pasti ada perasaan jijik saat melihatnya. Apalagi jika kita membayangkan jika sungai dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah dan pembuangan limbah yang beracun.

Kondisi sungai yang tercemar tentu akan membunuh makhuk hidup di dalamnya serta mendatangkan penyakit bagi manusia yang menggunakan air tersebut. Manfaat air sungai yang selama ini dirasakan manusia tentu tidak bisa dirasakan lagi.

Untuk mengetahui apa saja manfaat air sungai bagi kehidupan sehari-hari, berikut sebagaimana telah dirangkum Dream melalui merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Manfaat Air Sungai bagi Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Air Sungai bagi Kehidupan Sehari-hari© Unsplash.com

Mata Air Kehidupan

Manfaat air sungai yang pertama adalah sebagai mata air kehidupan. Seperti diketahui bersama bahwa tidak ada makhluk hidup yang bisa mempertahankan kehidupannya tanpa air. Bagi manusia sendiri, air digunakan untuk memasak, minum, mencuci, mandi, dan masih banyak lagi. Dengan keberadaan air yang terjaga dengan baik, maka hal ini mampu menjaga kelangsungan hidup manusia.

Hadirnya air itu sendiri salah satunya berasal dari sungai. Dari sungai inilah air akan dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dan mendukung aktivitasnya sehari-hari.

Sumber Mata Pencaharian

Manfaat air sungai berikutnya adalah sebagai sumber mata pencharian. Sungai sendiri menjadi tempat hidup berbagai jenis ikan atau hewan air lainnya yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Nah, jika kondisi sungai selalu dijaga dengan baik, maka kehidupan hewan air pun juga akan tetap terjaga.

Masyarakat bisa memancing di sungai tersebut untuk nantinya hasil tangkapan itu bisa dijual maupun dikonsumsi sendiri. Dengan begitu, masyarakat pun bisa mendapatkan penghasilan hanya dari sungai tersebut.

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Sungai bagi Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Air Sungai bagi Kehidupan Sehari-hari© Unsplash.com

Pembangkit Listrik

Keberadaan air yang terus mengalir bisa mendatangkan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah bisa menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Sahabat Dream hanya perlu bergotong-royong untuk menciptakan kincir air yang nantinya akan mengaktifkan generator sebagai pembangkit listrik.

Dengan begitu, listrik pun bisa dialirkan ke rumah-rumah penduduk untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Seperti menghidupkan lampu, televisi, kulkas, dan masih banyak lagi. Cara ini pun tergolong lebih hemat biaya dan ramah lingkungan, apalagi jika kondisi sungai terus dijaga dengan baik. Maka masyarakat bisa terus mendapatkan manfaat tersebut sekaligus menyelamatkan bumi.

Mengalirkan Air ke Hilir

Ketika air hujan turun dari pegunungan, tentunya air tersebut akan mengalir ke dataran rendah. Untuk bisa mengalirkan air tersebut, maka penting sekali adanya sungai. Jika curah hujan tinggi, maka aliran air akan sangat deras menuju dataran rendah dan bisa sangat berbahaya jika tidak ada sungai. Alam bisa menjadi rusak karena diterjang air yang sangat deras. Oleh karena itu, keberadaan sungai adalah penyelamat lingkungan dan juga makhluk hidup.

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Sungai bagi Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Air Sungai bagi Kehidupan Sehari-hari© Unsplash.com

Sarana Meditasi

Keberadaan sungai tidak hanya sebatas untuk memenuhi kehidupan sehari-hari saja. Tetapi sungai juga baik untuk menyehatkan mental kita. Hal ini bisa sahabat Dream rasakan ketika berkunjung ke sungai di desa atau ke tempat wisata air berupa sungai? Mendengar aliran air dan gemericiknya, apa yang kamu rasakan? Ketenangan bukan?

Nah, itulah mengapa sungai menjadi salah satu tempat yang bisa dipilih untuk menjadi tempat meditasi. Suara dari aliran sungai itulah yang akan membuat kamu menjadi lebih tenang. Dengan melakukan meditasi di pinggi sungai, kamu bisa terhindar dari depresi yang seiring berjalannya waktu juga bisa memengaruhi kesehatan fisik.

Sumber Irigasi

Bagi masyarakat pedesaan yang mayoritas bermatapencaharian sebagai petani, tentu akan menjadi sungai sebagai hal yang sangat penting. Dalam hal ini manfaat air sungai adalah untuk membantu mengairi sawah-sawah. Dengan begitu, tanaman yang ada di sawah bisa mendapatkan asupan air secara cukup dan harapannya bisa menghasilkan panen yang melimpah.

Bayangkan saja jika tanaman di sawah kekurangan air. Maka tanaman akan mati dan petani terancam mengalami gagal panen. Dengan begitu, para petani tidak bisa mendapatkan penghasilan untuk menafkahi keluarganya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Sungai bagi Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Air Sungai bagi Kehidupan Sehari-hari© Unsplash.com

Sarana Transportasi

Selama ini kita mengenal ada tiga jenis sarana transportasi, yakni darat, air, dan udara. Untuk sarana transportasi air, selain membutuhkan kendaraan khusus agar bisa mengapung, tentunya diperlukan juga tempat aliran air itu sendiri, seperti sungai. Ya, di zaman dahulu masyarakat sudah mengenal transportasi air untuk mendukung aktivitasnya bepergian.

Namun, seiring berjalannya waktu, kita bisa melihat bahwa ada sungai menjadi semakin dangkal dikarenakan sampah yang menumpuk. Jika sungai dangkal, maka tidak akan bisa dilalui oleh kendaraan air.

Sumber Air Minum

Manfaat air sungai yang sangat penting adalah sebagai sumber air minum. Ya, setiap makhluk hidup membutuhkan minum. Apalagi manusia yang sebagian besar tubuhnya terdiri dari air. Jika sampai kekurangan air, maka akan mengalami dehidrasi yang ditandai dengan rasa lemas dan pusing.

Air sungai yang bersih tentunya akan sangat dibutuhkan masyarakat untuk menjadi sumber air minum. Hal inilah yang masih dilakukan di beberapa pedesaan yang masih jauh dari perkotaan. Karena air sungai di dalamnya belum tercemar oleh sampah dan limbah pabrik.

 

Beri Komentar