8 Manfaat Musik bagi Ibu Hamil, Bisa Redakan Stres hingga Mengembangkan Kepribadian Anak

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 13 Juli 2022 06:35
8 Manfaat Musik bagi Ibu Hamil, Bisa Redakan Stres hingga Mengembangkan Kepribadian Anak
Mendengarkan musik saat hamil berdampak positif bagi sang ibu dan janinnya.

Dream – Musik mampu memberikan terapi bagi beberapa orang. Keberadaan musik mampu menghidupkan suasana, baik yang sedang bersedih maupun senang. Musik bahkan menjadi teman yang menyenangkan di saat sahabat Dream sedang menjalankan aktivitas, seperti belajar, bekerja, dan memasak.

Selain itu, musik juga memberikan pengaruh yang positif bagi ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya. Itulah mengapa ada beberapa ibu hamil yang disela-sela waktunya kerap mendengar musik atau memperdengarkan musik di dekat perut agar bisa didengar oleh sang janin.

Manfaat musik sangatlah baik untuk pikiran serta suasana hati ibu hamil. Menyadari bahwa ibu hamil biasanya mengalami perubahan hormon, di mana hal tersebut juga berpengaruh pada perubahan pikiran dan suasana hatinya.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat musik untuk ibu hamil sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Musik bagi Ibu Hamil

Manfaat Musik bagi Ibu Hamil© Freepik.com

Meredakan Stres dan Cemas

Manfaat musik bagi ibu hamil yang pertama adalah bisa meredakan stres dan cemas. Di mana kondisi tersebut mudah sekali dialami oleh ibu hamil karena adanya perubahan hormon. Jika kondisi itu terus terjadi, tentunya tidak akan baik bagi sang ibu dan juga janin yang sedang dikandung.

Akibat stres dan cemas bisa membuat bayi lahir secara prematur atau terkena ADHD. Sedangkan bagi ibu hamil sendiri, mendengarkan musik yang iramanya lembut bisa meredakan stres, depresi, dan rasa cemas yang dialami ibu hamil.

Menstimulasi Janin

Manfaat musik bagi ibu hamil yang sayang jika dilewatkan adalah bisa membantu untuk menstimulasi janin. Mengingat bahwa saat masuk ke trismester ke tiga kehamilan, di saat inilah janin mengalami perkembangan pendengaran. Di masa itulah janin sudah mampu untuk menerima informasi sensoris yang bisa diingatnya. Bahkan janin juga bisa mendengar suara dari luar tubuh sang ibu, termasuk musik yang diperdengarkan.

Biasanya saat diperdengarkan musik, janin akan memberikan respons berupa gerakan yang akan terasa di perut. Sahabat Dream juga bisa memperdengarkan musik saat bayi sudah lahir karena bisa memberikan efek rileks.

2 dari 4 halaman

Manfaat Musik bagi Ibu Hamil

Manfaat Musik bagi Ibu Hamil© Freepik.com

Mengatasi Kesulitan Tidur

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh ibu hamil adalah kesulitan tidur. Tentu ini menjadi kondisi yang tidak nyaman dan membuat ibu tidak bisa mendapatkan istirahat secara cukup. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, ibu hamil disarankan untuk mendengarkan musik yang bisa membuatnya lebih rileks.

Bahkan ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa ibu hamil yang mendengarkan musik selama empat minggu secara berturut-turut, maka ia akan bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dari mereka yang tidak pernah mendengarkan musik sama sekali. Jadi, cobalah untuk mendengarkan musik dan rasakan manfaatnya, terutama dalam mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Meredakan Nyeri saat Hamil

Manfaat musik bagi ibu hamil yang berikutnya adalah bisa meredakan nyeri saat hamil. Kondisi ini sering kali menyerang ibu hamil dan membuatnya merasa kesakitan. Nyeri bisa muncul di beberapa bagian tubuh, seperti di bagian punggung, perut, dan kepala.

Jika kondisi tersebut terjadi, cobalah untuk mendengarkan musik yang kamu sukai. Dengan mendengarkan musik, maka tubuh akan menghasilkan hormon endorfin secara alami. Hormon inilah yang bisa meredakan rasa sakit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Musik bagi Ibu Hamil

Manfaat Musik bagi Ibu Hamil© Freepik.com

Membantu Perkembangan Otak Bayi

Sejak masih dalam kandungan, orang tua sebenarnya sudah bisa mempersiapkan kecerdasan sang janin tersebut. Salah satunya adalah dengan memperdengarkan musik, terutama musik klasik. Hal ini bisa membantu perkembangan otak janin dengan meningkatkan koneksi neuron di otak. Musik akan merangsang otak dan membantu terjadinya pertumbuhan struktur otak.

Mengasah Indera Pendengaran

Musik yang diperdengarkan pada janin di dalam kandungan bisa membantu untuk mengasah indera pendengarannya. Meskipun musiknya berada di luar tubuh sang ibu dan janin berada di dalam kandungan, namun hal tersebut sangatlah membantu. Musik tersebut tetap bisa didengar oleh janin layaknya gelombang suara.

Ketika sahabat Dream menghidupkan musik, maka janin pun akan fokus pada suara itu. Kemudian indera pendengarannya akan mendapatkan rangsangan dan membuatnya rileks.

4 dari 4 halaman

Manfaat Musik bagi Ibu Hamil

Manfaat Musik bagi Ibu Hamil© Freepik.com

Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Tekanan darah pada ibu hamil haruslah selalu diperhatikan agar selalu stabil. Untuk menjaga kestabilan tekanan darah, ibu hamil bisa mendengarkan musik. Cara ini mampu membuat ibu hamil terhindar dari komplikasi kehamilan yang bisa menyebabkan darah tinggi. Di mana darah tinggi sangatlah berbahaya bagi ibu hamil karena ibu hamil bisa mengalami preeklamsia.

Kondisi tersebt haruslah segera mendapatkan penanganan agar tidak semakin serius. Yakni bisa menimbulkan kematian pada janin maupun pada ibu hamil sendiri.

Mengembangkan Kepribadian Anak

Manfaat musik bagi ibu hamil bisa membantu untuk mengembangkan kepribadian anak. Di mana musik yang diberikan pada janin saat masih di dalam kandungan akan sangat berpengaruh pada sang anak ketika sudah dewasa.

Jika sahabat Dream memberikan musik yang iramanya tenang, maka sikap sang anak nantinya juga akan menjadi tenang. Sedangkan musik yang iramanya keras, maka bisa membuat anak memiliki sifat yang agresif.

Beri Komentar