Jangan Cuma Menggerundel, Ini Tips Mudah Atasi Rambut Kusut

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 24 Januari 2020 19:45
Jangan Cuma Menggerundel, Ini Tips Mudah Atasi Rambut Kusut
Apakah rambut kamu kusut?

Dream - Rambut kusut menjadi masalah buat banyak wanita. Terutama mereka si pemilik rambut keriting. Penampilan jadi turun drastis saat rambut seperti terlihat acak-acakan.  

Penyebab rambut kusut biasanya disebabkan paparan bahan kimia yang mempengaruhi bagian terluar rambut. Zat kimia membuat rambut lebih tebal dan kering serta memicu rambut kusut.

Daripada ngedumel tak karuan, lebih baik kamu memulai beberapa tips berikut ini untuk mengatasi rambut kusut seperti dikutip dari laman Boldsky.com.

1 dari 6 halaman

Pakai Sisir yang Tepat

Memakai sisir yang salah akan membuat rambutmu kusut. Menyisir rambut basah dengan sisir yang rapat akan menyebabkan kusut, patah serta kerontokan.

Gunakan sisir bergigi renggang dan hati-hatilah ketika menyisirnya.

 shutterstockshutterstock © shutterstock.com

Tata Rambut dengan Gaya yang Tepat

Rambut yang digerai akan lebih rentan kusut. Tata rambut dengan diikat ke atas atau dikepang agar tidak kusut. Gerai rambut ketika selesai beraktivitas dan lihatlah dampaknya.

2 dari 6 halaman

Sisir Rambut Sebelum Keramas

Cara mencegah kusut yang terbaik adalah menyisirnya sebelum keramas. Jangan terlalu kasar saat berkeramas dan mengeringkannya.

Jangan Menyentuh Rambut

Semua wanita pasti sesekali menyentuh rambut. Padahal, hal ini menyebabkam rambut rentan kusut. Ini juga menjadi alasan mengapa kamu perlu mengikat rambut.

 shutterstockshutterstock © shutterstock.com

3 dari 6 halaman

Jangan Menggosok Rambut dengan Handuk

Setelah keramas, kita seringkali menggosok rambut dengan handuk. Padahal, hal ini menyebabkan rambut kusut dan patah. Gunakan kaus untuk mengeringkannya.

 shutterstockshutterstock © shutterstock.com

Hindari Kandungan Alkohol

Beberapa produk kecantikan mengandung alkohol. Kandungan ini dapat menyerap kelembapan dan membuatnya lebih kering.

Rambut kering menjadi penyebab kusut. Jadi, pilihlah sampo dan conditioner yang bebas alkohol agar rambutmu lebih halus serta lembut.

4 dari 6 halaman

Tips Terry Putri Cegah Kerontokan Rambut Setelah Berhijab

Dream - Setelah memutuskan berhijab selama tiga tahun terakhir, Terry Putri semakin merasa nyaman dengan penampilannya. Bahkan, artis dan presenter ini sudah tak lagi menghadapi masalah kerontokan yang biasa dialami banyak hijaber.

Pemain sinetron Sheila ini justru merasa rambutnya semakin lebat setelah berhijab.

" Orang bilang kalau berhijab akan rontok rambutnya. Kalau aku nggak sama sekali tuh. Asalkan tahu triknya seperti apa," ujar presenter 40 tahun ini dalam peluncuran Mutouch Habbatussauda di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis, 12 Desember 2019.

  Terry PutriFaisal Abdulrahman Al-Ghamdi © Khidr Al-Zahrani

 

 

5 dari 6 halaman

Perawatan Rambut Terry Putri Sebelum Berhijab

Sebelum memutuskan berhijab, Terry menceritakan selalu menata rambutnya menggunakan hairclip atau hair extension.

Rambut Terry juga sering sering disasak sehingga mudah rusak.

Cara berpenampilan dengan rambut mulai berubah saat Terry memutuskan berhijab. Kini mahkotanya itu semakin jarang terpapar bahan kimia dan berbagai tipe perawatan yang berisiko merusak rambut.

" Sekarang lebih tebal rambutnya, daripada dulu jadi pembawa acara sasakan tinggi, palsu semua gue," imbuhnya.

6 dari 6 halaman

  Terry PutriTerry Putri © dream.co.id/Cynthia Amanda Male

Selain jarang terpapar bahan kimia dan perawatan yang berbahaya, Terry melakukan sebuah trik agar rambutnya tetap sehat walaupun berhijab maupun tidak ke salon.

" Kuncinya cuma kalau lagi nggak ada orang, aku pasti buka hijab karena rambut butuh bernapas. Atau kalau acara seharian, aku pasti ke toilet untuk buka hijab dulu sebentar, 5-10 menit it's okay. Intinya, kepala kita bernapas aja gitu," jelas Terry.

Sejak kecil, semua perawatan rambutnya selalu dilakukan di rumah. Ia kerap memakai lidah buaya saat pulang sekolah.

" Dari kecil, mama udah menanam lidah buaya. Jadi, pulang sekolah diolesin lidah buaya. Waktu itu, jaman SD tahun 80-an."

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair