Dicerai Suami, Istri Minta Tugas Urus Keluarga Saat Nikah Dibayar Rp354 Juta

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 1 Maret 2021 10:01
Dicerai Suami, Istri Minta Tugas Urus Keluarga Saat Nikah Dibayar Rp354 Juta
Uang itu digunakan untuk membayar ganti rugi atas `pekerjaan` istrinya selama menikah.

Dream – Pengadilan di Tiongkok menjatuhkan denda kepada seorang pria. Pengadilan memintanya untuk membayar sejumlah uang kompensasi kepada mantan istrinya selama lima tahun pernikahan.

Dikutip dari Oddity Central, Sabtu 27 Februari 2021, pria bernama Chen ini bercerai dari sang istri, Wang, tahun lalu. Setelah bercerai, Wang meminta mantannya untuk membayar kompensasi karena selama lima tahun sang istri menjadi ibu rumah tangga. Tak hanya itu, sang suami juga disebut tidak berpartisipasi dalam pekerjaan rumah tangga.

Wang meminta ganti rugi senilai US$24.700 (Rp354 juta), tapi pengadilan menilai permintaan sang istri hanya senilai US$7.700 (Rp108,33 juta). Sebagai jalan tengah, Pengadilan Distrik Fangshan di Beijing, Tiongkok, meminta Chen untuk membayar kompensasi senilai 50 ribu yuan (Rp108,32 juta).

Di Tiongkok, ada peraturan bahwa seseorang bisa menuntut kompensasi kepada pasangannya di persidangan perceraian. Hal ini dimungkinkan jika orang itu merasa pasangan tidak berpartisipasi untuk membesarkan anak, mengurus rumah, atau merawat anggota keluarga yang lansia. Sebelumnya, sidang perceraian hanya membahas masalah properti dan harta gono-gini lainnya.

1 dari 1 halaman

Jadi Perdebatan

Aturan ini menimbulkan perdebatan di Tiongkok. Di media sosial, sebagian besar orang merasa tak terima dengan pembayaran yang kecil. Dikatakan bahwa bayaran itu tidak sebanding dengan pekerjaan ibu rumah tangga.

Warganet yang lainnya meminta perempuan tidak boleh putus asa dalam menyuarakan aspirasinya dan harapan sebagai ibu rumah tangga. Ada pula yang menyebut bahwa itulah yang membuat mereka enggan untuk menikah.

“ Saya tak bisa berkomentar apa pun. Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga sering dianggap sebelah mata. Di Beijing, merekrut seorang pengasuh harus mengeluarkan biaya lebih dari 50 ribu yuan,” kata seorang warganet.

“ Ladies, ingatlah untuk menjadi seorang yang independen. Jangan berhenti kerja setelah menikah. Berikan dirimu sebuah jalan keluar,” tulis warganet yang lainnya.

Beri Komentar