India Segera Bangun `Angkor Wat`, Kamboja Naik Darah

Reporter : Puri Yuanita
Jumat, 12 Juni 2015 15:02
India Segera Bangun `Angkor Wat`, Kamboja Naik Darah
Pemerintah Kerajaan Kamboja menganggap jika tiruan Angkor Wat yang dibangun untuk kepentingan komersial sangat tidak sesuai dengan aturan warisan dunia.

Dream - Pemerintah Kamboja emosi lantaran India berencana membangun sebuah kuil Hindu yang digadang-gadang bakal menggantikan Angkor Wat. Bangunan bersejarah itu merupakan kuil agama Hindu terbesar di dunia.

Dalam sebuah surat yang ditujukan kepada pemerintah India, para pejabat Kamboja menyatakan hubungan diplomatik kedua negara bisa terganggu jika proyek pembangunan kuil itu akan tetap dilakukan.

“ Tiruan Angkor Wat yang dibangun untuk kepentingan komersial sangat melanggar dan tidak sesuai dengan aturan warisan dunia, yang seharusnya memiliki nilai universal dan kemanusiaan yang luar biasa,” dikutip Dream dari Dailymail, Jumat 12 Juni 2015. 

Para pejabat Kerajaan Kamboja juga mengatakan, Angkor Wat sebagai sebuah situs warisan dunia UNESCO, yang dikunjungi jutaan wisatawan setiap tahunnya, tidak dapat tergantikan.

Sementara itu, pemerintah dan para pemuka agama Hindu di India membantah kuil baru yang akan mereka dirikan merupakan tiruan Angkor Wat  di Kamboja.

“ Angkor Wat memang menjadi sumber inspirasi, tapi kami tak meniru dan tak berencana menggantikan. Kami juga mengambil inspirasi dari kuil India sendiri,” terang salah seorang tokoh agama Hindu India, Kishore Kunal. (Ism) 

Beri Komentar