Mengenal Chaand Raat, Malam Takbiran di India dan Pakistan

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 14 Juni 2018 11:03
Mengenal Chaand Raat, Malam Takbiran di India dan Pakistan
Keluarga berbondong-bondong makan bersama dan menyerbu pusat perbelanjaan.

Dream - Sehari sebelum Idul Fitri atau Idul Adha, umat Islam Tanah Air biasa merayakan Malam Takbiran. Perayaan itu biasa dirayakan masyarakat dengan menggemakan takbir di sekeliling waktu.

Salah satu kebiasaan yang muncul yaitu berkeliling kota dengan membawa bedug dan menyanyikan kalimat takbir.

Di India, Pakistan, dan India, malam takbiran dikenal dengan sebutan Chaand Raat. Tak berbeda dengan di Indonesia, perayaan Chaand Raat dilakukan dengan penuh keceriaan.

Chaand Raat akan terasa sebagai pesta. Umat Muslim akan berbelanja dan makan bersama.

Perayaan ini dimulai usai pengumuman terlihatnya bulan muda atau hilal yang menjadi penanda memasuki bulan baru, atau 1 Syawal. Seluruh keluarga akan menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan hingga sholat Subuh.

Perempuan biasanya akan membeli barang-barang semisal busana shalwar kameez, gelang, perhiasaan, dan tas. Selain itu, perempuan dan gadis merias tangan mereka dengan mehndi.

Sementara pria terkonsentrasi membeli sepatu. Hadiah dan permen biasanya turut diborong untuk jadi buah tangan kepada saudara.

Dalam Chaand Raat menjadi kesempatan warga bersilaturahmi. Kegiatan Chaand Raat akan biasanya dirayakan di negara-negara bagian utara India.

Di bagian selatan India yang memiliki populasi Muslim lebih tinggi, umat Islam merayakan malam takbiran dengan memanggil ulama terkemuka.  (ism, Sumber: Wikipedia)

Beri Komentar
Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim