Besok Pilkada Serentak, Ini Imbauan PP Muhammadiyah

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 14 Februari 2017 05:30
Besok Pilkada Serentak, Ini Imbauan PP Muhammadiyah
Pilkada diminta tak mengganggu kesatuan dan persatuan Indonesia.

Dream - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menghimbau para pemilih pada Pemilihan Kepala Daerh (Pilkada) serentak lusa, (Rabu, 15/2/2017) untuk menggunakan hak politiknya secara bertanggung jawab, kritis dan obyektif.

Anjuran tersebut dikeluarkan PP Muhammadiyah dalam Pernyataan Pers PP Muhammadiyah tentang Pilkada Serentak 15 Februari 2017.

" Mengimbau kepada warga masyarakat yang memiliki hak pilih untuk menggunakan hak politiknya secara bertanggung jawab dengan pertimbangan dan sikap kritis, obyektif dan rasional, menjaga ketertiban," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, Senin, 12 Februari 2017.

PP Muhammadiyah juga meminta para pemilih untuk menghormati perbedaan preferensi politik dan senantiasa menjaga persatuan bangsa. " Serta menjauhi praktik politik transaksional, kampanye hitam dan perbuatan tidak bermoral lainnya," ucap dia.

Menyoroti jalannya Pilkada serentak di 101 daerah di Indonesia, Haedar juga meminta proses Pilkada dapat dijadikan mekanisme politik yang demokratis dan bermatabat. Dia menyerukan agar semua pasang calon kepala daerah dan pendukungnya untuk menerima hasil Pilkada.

" Para pendukungnya untuk bersikap jujur, bijaksana, ksatria, dan berjiwa besar menerima apapun hasil pilkada, serta siap menang dan siap kalah," ucap dia.

Pilkada serentak dijadwalkan digelar di 101 daerah di seluruh Indonesia pada 15 Februari mendatang. Ada tujuh provinsi yang akan menentukan gubernur dan wakil gubernur. Sisanya, menentukan kepala daerah dari 18 kota dan 76 kabupaten.(Sah)

Beri Komentar