Saat Ketakutan, Lafalkan Doa Ini

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 3 September 2018 20:02
Saat Ketakutan, Lafalkan Doa Ini
Hati-hati dan waspada harus selalu kita lakukan, sembari terus membaca doa ini.

Dream - Bahaya akibat kejahatan bisa terjadi kapan saja. Bahkan di kota-kota di Indonesia ada daerah yang terkenal berbahaya.

Tentunya saat berada di daerah tersebut kita menjadi ketakutan. Bisa jadi, kejadian buruk menimpa kita saat berada di kawasan tersebut.

iApalagi jika kita lewat di jalan sangat gelap, sementara di kanan kiri hanya ada hutan. Tanpa pernah bisa diperkirakan, perjalanan kita terganggu ulah preman atau perampok.

Jika kita dalam kondisi seperti ini, kita tentu dituntut untuk waspada dan hati-hati. Selain itu, Imam An Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar menganjurkan kita membaca doa berikut ini.

 Doa ketakutan

Allahumma inna naj'aluka fi nuhurihim wa na'udzubika min syururihim.

Artinya:

" Ya Allah, kami menjadikan Engkau sebagai pihak yang memegang leher mereka dan kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan mereka."

(ism, SumberL: Harakah Islamiyah)

 

1 dari 2 halaman

Balas Pemberi Makanan Buka dengan Doa Ini

Dream - Waktu buka puasa sangat tepat dimanfaatkan untuk kebaikan. Apalagi jika kebaikan itu dilakukan dengan memberi makanan berbuka.

Perbuatan ini tentu memberikan manfaat besar. Si pemberi dapat pahala, penerima bisa makan. Lebih dari itu, aktivitas ini dapat memperkuat ukhuwah Islamiyah.

Kita kerap menjumpai makanan di masjid ketika buka puasa. Makanan tersebut berasal dari orang-orang yang berkenan berbagi sedikit rezekinya.

Tentu kita patut berterima kasih dengan bantuan makanan berbuka dari orang lain. Caranya dengan mendoakan kebaikan untuk orang tersebut.

Doa yang disampaikan terdapat dalam hadis riwayat Muslim.

  Mendoakan pemberi makanan berbuka

Allahumma ath’im man ath’amanii wa asqi man asqaanii

Artinya:

"  Ya Allah, berilah makan orang yang memberiku makan dan berilah minum orang yang memberiku minum."

2 dari 2 halaman

Doa Agar Tubuh Sakit Lekas Diberi Kesembuhan

Dream - Tidak selamanya tubuh kita sehat dan bugar. Ada kalanya sakit mendera, membuat kita kesulitan beraktivitas. Apalagi saat kondisi tak menentu seperti saat ini.

Sakit bisa kita maknai sebagai peringatan awal jika kita harus beristirahat dari aktivitas apapun. Sejenak, kita perlu memulihkan kondisi fisik agar dapat beraktivitas dengan baik di hari-hari berikutnya.

Patut diingat, kesembuhan datangnya dari Allah SWT. Sehingga, sangat dianjurkan kita memohon kesembuhan dengan doa ini.

  Doa ketika sakit

Bismillah, bismillah, bismillah. U'idzuka bi izzatillahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru. As’alullahal 'adhima rabbal 'arsyil 'adhim an yasyfiyaka.

Artinya:

" Dengan nama Allah, dengan nama Allah, dengan nama Allah, aku lindungi kamu berkat kemuliaan Allah dan qudrah-Nya dari kejahatan barang yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan. Aku memohon kepada Allah Yang Maha Besar, Tuhan Arasy yang maha besar agar Dia menyembuhkanmu."

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie