Inovasi Nasi Goreng Buat Penderita Diabetes

Reporter : Gladys Velonia
Rabu, 29 November 2017 14:44
Inovasi Nasi Goreng Buat Penderita Diabetes
Nasi goreng berbahaya untuk penderita diabetes.

Dream - Siapa yang tak suka nasi goreng, makanan khas Indonesia dengan campuran bumbu ini memang digemari berbagai kalangan.

Tapi ternyata, nasi goreng tidak diperbolehkan untuk penderita diabetes. Sebab, nasi goreng mengandung karbohidrat tinggi yang bisa memicu naiknya gula dalam darah penderita diabetes.

Karena itulah tim dari Institut Pertanian Bogor membuat penelitian guna menciptakan nasi goreng yang aman dikonsumsi penderita diabetes.

" Dari hasil penelitian kami selama satu tahun ini, pati resisten (pati yang tidak dicerna oleh tubuh) dalam makanan akan menurunkan risiko diabetes melitus," ujar Indra Purnomo, mewakili tim penelitiannya di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa 28 November 2017.

Tim ini meneliti kandungan pati resisten dalam nasi pulen dan pera yang biasa digunakan untuk membuat nasi goreng. Menurut hasil penelitian ini, nasi dari beras pera mengandung pati resisten yang lebih baik dibandingkan nasi pulen.

" Semakin tinggi pati resistennya, semakin rendah daya cernanya. Sehingga, semakin rendah risiko diabetesnya," tutur Indra.

Selain meneliti nasi, bahan lain yang diteliti adalah penggunaan minyak untuk membuat nasi goreng. Dari tiga jenis minyak yang diteliti, yakni minyak kelapa, minyak jagung, dan minyak sawit, ditemukan bahwa minyak jagung memiliki kadar pati resisten yang paling tinggi dibanding lainnya.

" Sehingga hasil penelitian kami adalah, perpaduan pembuatan nasi goreng yang baik untuk penderita diabetes adalah amilosa sedang dengan kadar minyak jagung sebesar 7,5%," kata Indra.

Penelitian ini merupakan program penelitian dari Nutrifood Research Center terkait diabetes yang digelar tahun lalu. Tim dari Institut Pertanian Bogor meraih juara ke empat.

Beri Komentar
5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin