Maidaturrahman, Jamuan Hangat Buka Puasa Khas Mesir

Reporter :
Selasa, 14 Mei 2019 11:15
Maidaturrahman, Jamuan Hangat Buka Puasa Khas Mesir
Orang-orang Mesir berlomba untuk melayani orang berpuasa dengan jamuan terbaik.

Dream - Tak perlu pusing mencari makanan berbuka di Mesir jika Sahabat Dream berkunjung ke sana saat Ramadan. Seluruh warga di negeri piramida ini justru berlomba-lomba menjamu mereka yang berpuasa.

Membagikan makanan, menyiapkan hidangan khusus di aula atau masjid. Seperti pengalaman KH Muhammad Nur Hayid, Wakil Ketua LD PBNU, Pengasuh Ponpes Skill Jakarta Selatan, yang sedang mengikuti daurah di Universitas Al Azhar Kairo, Mesir.

" Maidaturrahman, merupakan tradisi jamuan buka puasa ala mesir. Setiap bulan suci Ramadan orang-orang Mesir berlomba untuk melayani orang berpuasa dengan jamuan terbaik saat berbuka. Mereka membuat tenda di pinggir jalan, bahkan mencari orang-orang untuk diberi iftar atau makanan buka puasa," ujar KH Nur Hayid.

 Mesir

Menu yang disajikan sangat beragam. Salah satu yang wajib ada adalah Isy, yang merupakan makanan pokok orang Mesir. Berupa roti bulat yang biasanya dimakan dengan sup berkuah kental berisi sayur dan daging.

" Ada juga hidangan nasi yang dicampur dengan semacam bihun. Termasuk kurma dan jus," kata KH Nur Hayid.

Tradisi maidaturrahman, telah lama dilakukan oleh warga Mesir. Memiliki arti berupa jamuan Arrahman, yang Maha Pengasih.

 Mesir

KH Nur Hayid menjelaskan, semangat untuk memberi makanan berbuka bagi mereka yang berpuasa adalah karena sesuai sabda Nabi Muhammad SAW.

" Orag yang memberikan makanan pada orag yang berpuasa semata mengharap ridho Allah SWT, maka orag itu akan mendapat pahala orang yang berpuasa," ungkap KH Nur Hayid, menjelaskan sabda Nabi. (ism)

Beri Komentar
Gus Miftah Ungkap Perubahan Besar Deddy Corbuzier