Harga Minyak Jatuh, `Berkah` Keuangan Syariah

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 10 Februari 2015 11:40
Harga Minyak Jatuh, `Berkah` Keuangan Syariah
Siapa bilang harga minyak jatuh membuat segala sesuatu berantakan. Kejadian ini justru jadi momen bagi keuangan syariah berkembang luas.

Dream - Di tengah kemerosotan ekonomi akibat anjloknya harga minyak global, industri keuangan syariah tumbuh subur. Davis Kallukaran, Managing Partner di Crowe Horwath Oman memperkirakan sejumlah pemerintah dan lembaga keuangan di kawasan Timur Tengah mulai beralih ke perbankan syariah sebagai sumber keuangan jangka panjangnya.

Sementara itu Abdelhak el Kisi dari Crowe Horwath menambahkan bank dan perusahaan menargetkan penghematan ritel untuk mendanai diri melalui surat utang syariah (sukuk).

Berbicara di Challenges and Opportunities in Islamic Finance, El Kisi seperti dikutip laman Zawya, Selasa, 10 Februari 2015, mencatat kelompok bank dan perusahaan besar sedang mempertimbangkan perbankan syariah untuk pertumbuhan bisnisnya.

Di pasar perbankan syariah utama, pertumbuhan rata-rata aset syariah tercatat lebih dari 15 persen.

Crowe Horwath, bekerja sama dengan Horwath Mak Ghazali (anggota perusahaan Crowe Horwath di Oman), baru saja menyelenggarakan konferensi tentang tantangan dan peluang keuangan syariah di Timur Tengah dan Afrika yang ke-4 di Shangri-La Barr Al Jissah Resort & Spa, Muscat, Oman.

Kallukaran mengatakan, konferensi kali ini dihadiri oleh perwakilan jaringan Crowe Horwath yang tersebar di 30 negara di Timur Tengah dan Afrika.

Menurutnya, di kedua kawasan tersebut, jaringan Crowe Horwath telah tumbuh rata-rata 30 persen dan 14 persen pada tahun 2014. (Ism) 

Beri Komentar