Per Maret 2018, BPKH Kelola Dana Haji Sebesar Rp105 Triliun

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Jumat, 8 Juni 2018 14:45
Per Maret 2018, BPKH Kelola Dana Haji Sebesar Rp105 Triliun
Laporan keungan akan dibuka usai Lebaran.

Dream - Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) memang telah dibentuk tahun lalu. Meski demikian, badan ini baru mengelola dana haji mulai tahun ini.

" Kami enam bulan membangun infrastruktur, SOP, peraturan organisasi. Sampai Desember 2017 uangnya di Kementerian Agama," ujar Plt Kepala BPKH, Anggito Abimanyu, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis 7 Juni 2018.

Anggito mengatakan, per Maret 2018 jumlah jemaah waiting list (tunda) mencapai 3.824.691. Total dana yang dikelola BPKH mencapai Rp105.191.372.936.614.000.

Menurut Anggito, saat ini badan yang dia pimpin telah menunjuk 31 bank penerima setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPS-BPIH) serta menunjuk 15 bank manajer investasi.

" Pagi tadi kami sudah mendapat kepastian laporan keuangan sudah akan diserahkan, dan Insya Allah setelah Lebaran akan diserahkan," ucap dia.

 Plt Kepala BPKH Anggito Abimanyu

Anggito Abimanyu (Dream/ Muhammad Ilman Nafi'an?

Dana haji ini akan disalurkan melalui berbagai investasi agar lebh bermanfaat. Tentu, tambah Anggito, investasi itu bentuknya yang berhubungan langsung dengan jemaah haji.

" Investasi yang akan kami lakukan disamping surat berharga, itu ada investasi langsung di Arab Saudi dan langsung dapat riyal," kata Anggito.

BPKH juga saat ini telah menandatangani nota kesepakatan (MoU) dengan Islamic Developer Bank (IDB) terkait kerja sama hotel dan katering di Arab Saudi.

" Mudah-mudahan seluruh investasi dapat dilaksanakan," ujar dia.

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan