Inilah Rata-rata Gaji Guru di Indonesia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 2 Mei 2016 13:32
Inilah Rata-rata Gaji Guru di Indonesia
Banyak guru yang tak puas dengan gaji yang mereka terima. Gaji guru privat merupakan gaji guru yang terkecil.

Dream - Sebuah platform komunitas online, Jobplanet, merilis riset karier pekerja di industri pendidikan, yaitu guru dan dosen. Riset ini menunjukkan rata-rata gaji yang diterima guru berada di kisaran Rp 2,1 juta hingga Rp 3,32 juta.

Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, Kemas Antonius, mengatakan, riset ini menganalisis gaji dari 3.473 responden yang merupakan dosen, guru TK, guru SMP, guru SMA, guru privat, dan guru kursus bahasa asing. Hasilnya, rata-rata gaji yang diterima oleh dosen di Indonesia sebesar Rp 3,32 juta per bulan.

Sedangkan, gaji guru TK rata-rata Rp 2,29 juta perbulan, gaji guru SD sampai SMA sebesar Rp 2,53 juta perbulan, guru privat sebesar Rp 2,18 juta perbulan, dan guru kursus bahasa asing sebesar Rp 2,65 juta perbulan.

" Angka tersebut dihitung dari rata-rata gaji bersih yang diterima setiap bulan dan belum termasuk dengan bonus dan tunjangan," kata Kemas dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 2 Mei 2016.

Dia mengharapkan, riset ini bisa memberikan wawasan kepada banyak orang agar lebih memahami dan menghargai profesi guru dan pendidik. Tak hanya itu, Kemas juga berharap agar ada peningkatan kualitas hidup bagi para tenaga pengajar dan pendidik ini.

" Kami juga mengharapkan adanya peningkatan kualitas hidup bagi para guru dan tenaga pendidik di Indonesia, terutama mereka yang berada di daerah dan masih mendapatkan penghasilan rendah di bawah rata-rata," kata dia.

Gaji kurang memuaskan guru

Kemas mengatakan, lembaganya jugamenganalisis tingkat kepuasan guru, dilihat dari karier, gaji dan tunjangan, work life balance, budaya perusahaan, dan faktor manajemen. Hasilnya, tingkat kepuasan jauh di bawah angka 5 yang perupakan penilaian " sangat puas" .

Dari analisa itu diketahui tingkat kepuasan terhadap jenjang karier sebesar 2,91; tingkat kepuasan gaji dan tunjangan sebesar 2,79; tingkat kepuasan faktor work life balance 3,07; tingkat kepuasan terhadap budaya perusahaan 3,27; dan tingkat kepuasan manajemen sebesar 2,89.

" Dalam industri penddiikan, faktor gaji dan karyawan mendapatkan penilaian yang paling rendah, sedangkan budaya perusahaan mendapat penilaian tertinggi," kata Kemas.

Beri Komentar