15 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh, Kecantikan, Rambut dan Ibu Hamil

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 1 Oktober 2019 06:46
15 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh, Kecantikan, Rambut dan Ibu Hamil
Selain memiliki rasa yang lezat, buah alpukat juga memberikan berbagai macam manfaat. Simak informasinya berikut ini.

Dream – Siapa nih yang suka dengan Alpukat? Salah satu buah-buahan yang mudah untuk dijumpai ini ternyata memiliki penggemar yang cukup banyak.

Memiliki cita rasa yang sempurna ditambah dengan sangat mudah menimbulkan rasa kenyang, membuat siapa pun jatuh cinta dengan buah ini.

Tahukah kalian? Buah alpukat dikenal mengandung lemak tak jenuh yang sangat aman bagi kesehatan tubuh kalian.

 15 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan Tubuh, Kecantikan, Rambut dan Ibu Hamil

 

Vitamin A, B, C, E, serta K, protein, folat, karbohidrat serta magnesium merupakan kandungan lainnya yang terdapat di dalam buah ini.

Saking memiliki kandungan yang sangat bagus, buah alpukat menjadi salah satu buah paling bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.

Tidak heran, sejumlah produk perawatan baik tubuh, wajah atupun rambut kerap menggunakan buah alpukat sebagai bahan utamanya.

Dengan mengonsumsinya secara teratur, nantinya akan memberikan sejumlah manfaat yang bisa kalian rasakan secara langsung. Lantas apa saja sih manfaatnya? Yuk langsung saja simak informasinya berikut ini:

1 dari 5 halaman

1. Manfaat Buah Alpukat: Menjaga Kesehatan Rambut

 15 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan Tubuh, Kecantikan, Rambut dan Ibu Hamil15 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan Tubuh, Kecantikan, Rambut dan Ibu Hamil © pixabay.com


Salah satu manfaat yang jarang diketahui oleh orang-orang yaitu mampu menjaga kesehatan rambut. Padahal, rambut telah terbukti bisa memperkuat rambut kalian loh Sahabat Dream. Cara menggunakannnya juga cukup mudah yaitu dengan mencampurkan buah alpukat dengan jojoba oil. Aplikasikan secara merata pada rambut kemudian diamkan selama 20-30 menit. Kemudian bilas hingga bersih dengan air mengalir. Untuk hasil maksimal, lakukan hal tersebut secara teratur.

Selain menggunakan alpukat secara langsung, kamu juga bisa memperoleh manfaat alpukat bagi rambut dengan menggunakan rangkaian produk perawatan rambut yang tepat seperti shampo dan kondisioner dari PANTENE Gold Series Smooth and Sleek.

 ©Pantene┬ęPantene © Pantene

©Presented by Pantene

2.    Manfaat Buah Alpukat: Menjaga Kesehatan Jantung

Buah alpukat ternyata sangat baik bagi kesehatan jantung seseorang terutama bagi orang dewasa. Dengan mengonsumsinya secara teratur memungkinkan bagi kalian memiliki kesehatan jantung yang lebih baik daripada orang yang tidak mengonsumsinya. Diketahui, seseorang yang mengonsumsi buah alpukat secara rutin tiap harinya, itu berarti dirinya memiliki kebiasan pola makan sehat.

Pola makan sehat sangat memiliki peranan penting dalam kestabilan berat badan, indeks masa tubuh serta lingkar pinggang. Tidak hanya itu saja, sistem metabolisme tubuh juga menjadi stabil dan sehat. Efek yang ditimbulkan tersebut secara otomatis juga akan membuat kesehatan jantung semakin membaik.


3.    Manfaat Buah Alpukat: Menjaga Kadar Gula Darah


Berikutnya, buah alpukat juga bisa membantu menjaga kadar gula darah seseorang. Lebih detailnya, alpukat bisa secara efektif membantu untuk melawan resistensi insulin. Seperti yang dikatakan sebelumnya, buah alpukat bisa menstabilkan sistem metabolisme dan itu merupakan salah satu cara mengurangi risiko seseorang terkena penyakit diabetes.

Sebuah penelitian juga mengatakan, mengonsumsi buah alpukat walau hanya setengah saja bisa membuat dirinya merasa kenyang lebih lama sehingga menimbulkan keinginan akan makan lebih sedikit pula. Nah, tahukah kalian? Makanan yang kalian konsumsi ada kemungkinan menjadi salah satu pemicu naiknya kadar gula darah. Contoh sederhananya saja yaitu nasi putih terutama yang masih panas.


4.    Manfaat Buah Alpukat: Menjaga Kesehatan Pencernaan


Buah alpukat dikenal memiliki kandungan senyawa yang mampu menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus. Selain itu, dengan mengonsumsinya secara teratur nantinya akan meningkatkan jumlah bakteri baik sekaligus mengurangi bakteri jahat terutama di dalam usus. Bonusnya, lemak yang terkandung di dalam buah alpukat dipercaya mampu meningkatkan kesehatan lapisan usus. Sehingga kalian akan memiliki risiko rendah terkena sembelit ataupun sindrom iritasi usus besar.

2 dari 5 halaman

5. Manfaat Buah Alpukat: Menjaga Kesehatan Mata

 15 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan Tubuh, Kecantikan, Rambut dan Ibu Hamil15 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan Tubuh, Kecantikan, Rambut dan Ibu Hamil © pixabay.com

Memiliki kandungan antioksidan berupa lutein dan zeaxanthin yang sangat kuat, buah alpukat mampu menjaga kesehatan mata. Menariknya, buah alpukat juga mampu meningkatkan penyerapan antioksidan yang berasal dari makanan lainnya. Sebuah studi juga mengatakan, buah alpukat mampu menurunkan risiko seseorang terkena penyakit katarak serta degenerasi makula. Tidak tanggung-tanggung, penurunan risiko tersebut terjadi secara signifikan loh Sahabat Dream terutama bagi seseorang yang telah lanjut usia.


6.    Manfaat Buah Alpukat: Menjaga Ketahanan Kulit


Selain antioksidan, buah alpukat juga mengandung karotenoid seperti alfa karoten serta betakaroten. Tidak berhenti disitu saja, buah hijau ini mengandung lutein zeaxanthin serta betacryptoxanthin yang cukup tinggi. Kandungan-kandungan tersebut sangat mampu menutrisi kulit sehingga terhindar dari kerusakan akibat dari faktor lingkungan. Menariknya, kadar karotenoid yang terkandung di dalamnya telah terbukti mampu meningkatkan ketahanan serta kepadatan kulit.

 

3 dari 5 halaman

7. Manfaat Buah Alpukat: Meningkatkan Kolesterol Baik

 15 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan Tubuh, Kecantikan, Rambut dan Ibu Hamil15 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan Tubuh, Kecantikan, Rambut dan Ibu Hamil © pixabay.com

Buah alpukat diketahui memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal di dalamnya. Tidak sembarang lemak, kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Tidak ketinggalan pula, lemak tersebut juga akan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) kalian. Kendati sangat baik bagi tubuh, buah alpukat juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan ya Sahabat Dream.


8.    Manfaat Buah Alpukat: Meningkatkan Fungsi Kognitif


Sebuah penelitian menyatakan, buah alpukat memiliki peranan penting dalam meningkatkan fungsi kognitif pada seseorang terutama yang telah lanjut usia. Dengan mengonsumsi buah hijau ini, secara efektif mampu meningkatkan kadar lutein di dalam tubuh. Nah, peningkatan tersebut akan berefek pula pada meningkatnya kemampuan memori kalian secara efektif.


9.    Manfaat Buah Alpukat: Meningkatkan Fungsi Otak Janin


Bagi ibu hamil, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah alpukat secara teratur. Mengapa demikian? Kandungan asam folat yang ada di dalam buah alpukat merupakan nutrisi yang penting dalam masa kehamilan. Kandungan itu nantinya dipercaya mampu menurunkan risiko cacat lahir pada janin. Tidak hanya itu, buah ini sangat mendukung perkembangan otak serta saraf tulang belakang sang ibu dan bayi yang dikandungnya. Perlu untuk diketahui, ibu hamil bisa mengonsumsi buah alpukat sejak dari trimester pertama.

4 dari 5 halaman

10. Manfaat Buah Alpukat: Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

 15 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan Tubuh, Kecantikan, Rambut dan Ibu Hamil15 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan Tubuh, Kecantikan, Rambut dan Ibu Hamil © pixabay.com

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, buah alpukat mampu membantu penyerapan nutrisi pada makanan lainnya. Hal tersebut juga telah dibuktikan dengan sebuah studi, dengan menambahkan buah alpukat atau minyak alpukat pada makanan dapat meningkatkan penyerapan khususnya antioksidan sebanyak 15 kali lipat. Tidak hanya memiliki gizi yang tinggi, buah alpukat juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan nilai gizi pada makanan nabati kalian.


11.    Manfaat Buah Alpukat: Mengurangi Risiko Penyakit Jantung


Menurut sebuah penelitian, lemak tak jenuh yang terdapat di dalam buah alpukat secara efektif mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung pada seseorang. Menariknya, pengurangan risiko tersebut lebih baik dibanding hanya sekedar menurunkan asupan lemak. Mengonsumsi buah alpukat secara teratur dan dalam jumlah yang tepat juga mampu mencegah sindrom metabolic. Sindrom ini merupakan salah satu penyebab meningkatnya risiko terkena penyakit jantung dan stroke.


12.    Manfaat Buah Alpukat: Mencegah Penyakit Kanker


Menurut sejumlah penelitian, manfaat lainnya dari buah alpukat yaitu mencegah penyakit kanker bagi yang mengonsumsinya. Buah hijau ini akan bekerja dengan mengurangi efek samping dari kemoterapi pada limfosit seseorang. Penelitian lain juga mengatakan, buah ini telah terbukti menghambat perkembangan dan pertumbuhan sel kanker terutama kanker prostat. Kendati demikian, para pasien terindikasi lebih baik konsultasi dengan dokter terkait terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya secara teratur.

5 dari 5 halaman

13. Manfaat Buah Alpukat: Meringankan Gejala Arthritis

 15 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan Tubuh, Kecantikan, Rambut dan Ibu Hamil15 Manfaat Alpukat bagi Kesehatan Tubuh, Kecantikan, Rambut dan Ibu Hamil © pixabay.com

Menurut sebuah penelitian, perpaduan antara ekstrak alpukat dengan minyak kedelai dapat mengurangi gejala osteoartrithis pada seseorang. Perdaduan kedua bahan tersebut dikenal dengan Avocado Soybean Unsaponifiables (ASU). Kedua bahan tersebut diklaim dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh para penderita osteoartrithis. Otomatis, buah alpukat secara umum meinumbulkan dampak positif pada para penderita penyakit tersebut.


14.    Manfaat Buah Alpukat: Membantu Menurunkan Berat Badan


Kalian sedang berdiet? Jika iya, cobalah untuk mengonsumsi buah alpukat secara teratur. Dengan mengonsumsinya, kalian akan merasakan rasa kenyang yang bertahan lebih lama. Secara otomatis, keinginan untuk makan juga akan semakin berkurang. Tidak berhenti disitu, kandungan serat yang tinggi ditambah dengan kandungan karbohidrat yang rendah akan memudahkan kalian untuk mengejar imipian berat badan ideal kalian.


15.    Manfaat Buah Alpukat: Melindungi Kulit dari Radikal Bebas


Buah alpukat memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E yang terbilang sangat tinggi. Tahukah kalian? Dengan mengonsumsinya itu sama saja dengan kalian telah memenuhi 17% kebutuhan asupan vitamin C dan vitamin E pada tubuh. Terpenuhinya kebutuhan asupan akan kedua vitamin tersebut nantinya kulit kalian akan selalu terjaga kesehatannya. Tidak tanggung-tanggung, buah alpukat ini juga akan mencegah masuknya radikal bebas serta sinar UV ke dalam kulit terutama wajah.
 
 
 
(Sumber: doktersehat dan merdeka)

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair