15 Manfaat Lemon untuk Wajah dan Kesehatan

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Senin, 16 Desember 2019 06:49
15 Manfaat Lemon untuk Wajah dan Kesehatan
berbagai macam manfaat lemon untuk wajah dan juga kesehatan

Dream - Lemon termasuk salah satu buah yang kaya akan manfaat. Selain memiliki rasa yang masam, lemon memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan bahkan kecantikan. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada lemon, menyebabkan buah ini bisa meningkatkan imunitas.

Selain vitamin C, lemon juga mengandung asam sitrat, kalsium, asam folat, vitamin B1, B2, B3, B5, zat besi, magnesium, fosfor serta kalium dan masih banyak lagi. Tak mengherankan dengan banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki oleh lemon, menjadikan lemon kaya akan manfaat untuk tubuh.

1 dari 5 halaman

Manfaat Jeruk Lemon

 © Dream

Jeruk lemon memiliki kadar air yang sangat banyak dan merupakan buah yang sangat menyegarkan. Tak hanya menyegarkan, bauh ini banyak memiliki manfaat bagi tubuh. Salah satunya yaitu bias membantu mempercepat proses diet.

Manfaat lemon untuk diet

Konsumsi lemon setiap pagi hari mampu memembantu program diet yang sedang kamu lakukan. Kamu bisa memeras lemon dan mencampurkannya dengan segelas air dan gula agar rasanya tidak terlalu masam. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi infused water lemon untuk diet.

Dektosifikasi hati

Minyak pada kulit lemon mengandung kolin yang dapat mendoktifikasi hati sehingga bisa bekerja lebih efektif. Mengkonsumsi jus lemon merupakan salah satu cara untuk memulai detoks pada tubuh.

Mencegah batu ginjal

Mengkonsumsi 1/2 cangkir air perasan lemon setiap hari dapat membantu mencegah proses pembentukan batu ginjal pada tubuh. hal ini karena sam sitrat pada lemon yang bisa mencegah batu ginjal dengan cara meningkatkan volumeu urin dan menigkatkan pH pada urin.

2 dari 5 halaman

Manfaat Lemon untuk Wajah

 © Dream

Selain bisa digunakan untuk menambah imunitas tubuh, lemon juga bisa digunakan untuk kecantikan. Mengatasi wajah yang berjerawat samapai mengatasi komedo merupakan manfaat lemon untuk wajah.

Menghilangkan keriput

Manfaat lemon untuk wajah yaitu bisa mengurangi kerutan pada kulit. Penelitian mengungkapkan bahwa minyak dari lemon memproduksi kolagen yang bisa mengembalikan elastisitas kulit. Caranya cukup iris buah lemon, kemudian gunakan lemon untuk memijat bagian kulit yang keriput selama beberpaa menit.

Menghilangkan belang di wajah

Saat kulitmu terbakar sinar matahari dan berujung belang, kamu bisa menggunakan lemon untuk mengatasinya. Campurkan 1 sendok makan air lemon dengan air mawar dan jus mentimun, lalu usapkan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas menggunakna air bersih.

Memudarkan bekas jerawat

Vitamin C dan asam sitrat pada lemon mampu mengatasi jerawat dan juga bekasnya. Campurkan air perasan lemon dengan minyak kelapa maupun minyak almond, kemudian aplikasikan ke wajah menggunakan kapas. Tunggu sampai 3 menit lalu bilas.

3 dari 5 halaman

Manfaat Air Lemon

 © Dream

Mengkonsumsi air lemon setiap hari ternyata baik untuk kesehatan. Walaupun rasanya yang masam, kamu pasti akan mendapatkan manfaat lemon yang tidak kamu ketahui. Yuk cari tau manfaat lemon lainnya.

Meminimalkan risiko stroke

Beberapa penelitian mengungkapkan manfaat lemon mampu meminimalkan risiko terkena stroke iskemik. Mengkonsumsi buah sitrus salah satunya lemon bisa menurunkan risiko terkena penyakit ini.

Menyehatkan jantung

Kekurangan vitamin C bisa mengarah kepada penyakit-penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke. Untuk itu kandungan vitamin C pada lemon mamopu mencegah dari penyakit jantung.

Mengecilkan perut buncit

Konsumsi perasan air lemon yang sudah dicampur dengan air hangat pada sore hari mampu mengecilkan perut buncit. Lakukan cara ini minimal 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4 dari 5 halaman

Manfaat Lemon untuk Kesehatan

 © Dream

Manfaat lemon selanjutnya yaitu berguna untuk masalah kesehatan. Jika kamu memiliki penyakit sepereti masalah pencernaan dan sariawan pada mulut, lemon bisa kamu gunakan untuk mengatasi berbagai masalah tersebut.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C yang terkandung pada lemon mampu memberikan antibodi tambahan pada tubuh. Menurut The World's Healthiest Food, vitamin C ternyata mampu mencegah infeksi penyakit ke tubuh. Konsumsi lemon dengan normal setiap hari mampu menyehatkan tubuh.

Melancarkan pencernaan

Gunakan air lemon hangat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan pada lemon mampu meningkatkan gerakan peristaltik pada perut dan melancarkan buang air besar. Pastinya waktu terbaik untuk mengkonsumsi air lemon ini saat pagi hari dan malam hari.

Merawat kesehatan mulut

Manfaat lemon selanjutnya yaitu berguna untuk menjaga kesehatan mulut seperti sariawam, kesehatan gusi dan juga bau mulut. Caranya cukup mengunakan air lemon untuk berkumur setelah makan. Namun, hal ini tidak boleh sering dilakukan karena asam pada lemon bisa merusak email gigi.

5 dari 5 halaman

Manfaat Masker Lemon

 © Dream

Jika kamu merupakan orang yang rajin merawat kulit wajah, kamu bisa mencoba lemon sebagai masker wajah. Menggunakan bahan alami untuk merawat wajah pastinya lebih sehat dan mengurangi efek samping dibanding menggunakan bahan kimia.

Memudarkan flek hitam

Lemon mengandung antioksidan alami yang bisa mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Salah satu tanda penuaan dini adalah munculnya flek hitam. Gunakan campuran masker lemon dan madu untuk menyamarkan felk hitam pada wajah.

Mencerahkan kulit

Manfaat lemon selanjutnya yaitu bisa membuat kulit tampak lebih cerah. Gunakan campuran air perasan lemon dengan madu dan air mawar. plikasikan ke wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air. lakukan cara ini secara rutin agar wajah cepat cerah.

Mengilangkan komedo

Kandungan lemon ternyata mampu mengangkat dan mengeluarkan kotoran penyebab komedo pada wajah. Cukup oleskan air hangat dan perasan lemon ke area wajah yang mengalami komedo dengan cotton bud, kemudian diamkan beberapa saat dan bersihkan menggunakan air.

Kandungan berbagai macam vitamin pada lemon mampu mengatasi banyak penyakit dan berguna juga untuk kecantikan. Yuk gunakan lemon sebagai perawatan alami.

( Jossi Andriani / dikutip dari liputan6.com )

Beri Komentar