22 Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh, Kulit dan Rambut

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 11 Oktober 2019 06:24
22 Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh, Kulit dan Rambut
Walau rasanya pahit, pare punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, kulit, hingga rambut.

Dream - Pare atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan Bitter Gourd terkenal dengan rasanya yang pahit. Walau rasanya pahit, ternyata pare menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, kulit dan rambut, lho.

Sayuran yang termasuk dalam tanaman merambat ini memiliki banyak kandungan nutrisi baik. Dari serat hingga antioksidan, semuanya lengkap. Sayangnya, hanya sebagian orang yang menyukai pare. Banyak yang tidak menyukainya beralasan rasa.

Di Indonesia, sayuran pare cukup laris. Ada yang membuatnya jadi sayur, tumis, dan ada yang menjadikannya sebagai lalapan.

Untuk memperolehnya pun juga tidak sulit, di pasar, pedagang kaki lima, hingga supermarket, menyediakan sayur hijau satu ini.

Bagi Sahabat Dream yang tidak menyukai pare mungkin bisa berubah pikiran dan mencoba sayur pare, setelah membaca 23 manfaat pare untuk kesehatan berikut ini:

1 dari 5 halaman

Kandungan Nutrisi Pare

1. Antioksidan

Sifat antioksidan sangat penting untuk mengangkal masalah kesehatan karena radikal bebas.

Di dalam pare ada alpha dan beta karoten, xanthenes dan lutein, jenis antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Kaya Folat

Selain antioksidan, pare juga kaya akan kandungan folat. Kandungan ini baik dikonsumsi ibu hamil dan wanita yang sedang menstruasi, karena mampu mencegah anemia dan meningkatkan kadar zat besi dalam darah.

Manfaat Pare© Pixabay


3. Phytonutrien

Insulin alami dari tumbuhan ini dipercaya ampuh untuk menurunkan kadar gula darah. Kandungan ini bisa ditemui dalam sayuran pare. Bagi penderita diabetes, pare bisa masukan dalam menu harian untuk menurunkan kadar gula darah.

4. Vitamin C dan Flavonoid

Tak hanya itu saja, di dalam pare ada begitu banyak kandungan vitamin. Salah satunya vitamin C yang bisa bersifat antioksidan. Ditambah lagi dengan kandungan flavonoid penting, fungsinya untuk melindungi tubuh dari penuaan dini, kanker dan berbagagi penyakit lain.

2 dari 5 halaman

Manfaat Pare untuk Kesehatan

5. Perawatan Diabetes

Insulin alami dalam pare sangat berperan dalam mengatur kadar gula darah dan insulin. Dengan konsumsi pare secara teratur, pasien dengan diabetes bisa mengatasi masalah peningkatan gula darah dan insulinnya.

6. Menjaga Berat Badan

Konsumsi pare secara rutin juga ampuh untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Manfaat pare ini bisa diperoleh karena pare termasuk dalam jenis makanan berkalori rendah, dan sangat cocok untuk menu diet.

Manfaat Pare© Shutterstock


7. Baik untuk Pencernaan

Masalah perut dan pencernaan bisa diatasi dengan konsumsi pare secara teratur. Rasa pahit pare ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kinerja sistem pencernaan, meredakan sembelit dan masalah pencernaan lain.

8. Baik untuk Penglihatan

Selain kaya vitamin C, pare juga kaya akan vitamin A. Seperti yang kita tahu, vitamin A sangat bermanfaat untuk penglihatan, mencegah katarak, dan mampu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

9. Melawan Kanker

Pare dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh, karena mengandung antioksidan dan vitamin C. Kekebalan tubuh yang kuat, akan mencegah kemunculan sel kanker, sehingga risiko kanker akan berkurang.

3 dari 5 halaman

Manfaat Pare untuk Menjaga Kesehatan

10. Baik untuk Sistem Pernapasan

Kandungan nutrisi baik dalam pare juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh, salah satunya menjaga kesehatan pernapasan.

Pare bermanfaat untuk memperlancar kinerja sistem pencernaan, meredakan batuk, dan baik dikonsumsi oleh penderita asma.

Manfaat Pare© Pixabay


11. Menjaga Kesehatan Hati

Selain sistem pencernaan, pare juga memiliki manfaat sebagai detoksifikan atau pembersih hati. Pare mampu meningkatkan produksi enzim dalam hari dan mengurangi penyerapan alkohol yang merugikan hati.

12. Membersihkan Darah

Kandungan antioksidan dalam pare berperan penting dalam menjaga aliran darah agar tetap bersih. Dengan aliran darah yang lancar dan bersih, kesehatan tubuh akan terjaga secara menyeluruh.

13. Meningkatkan Energi

Tubuh membutuhkan nutrisi khusus untuk meningkatkan energi. Dan, para mampu memenuhi kebutuhan tubuh tersebut. Selain itu, mengonsumsi pare secara teratur juga mampu meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi masalah tidur.

4 dari 5 halaman

Manfaat Pare untuk Kulit

14. Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C dan flavonoid dalam pare tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh dan organ-organ di dalamnya saja.

Vitamin C, flavonoid, dan antioksidan adalah nutrisi penting untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang bisa membuat kulit rusak dan kusam.

Manfaat Pare© Shutterstock


15. Mengatasi Masalah Jerawat

Tidak hanya itu, masalah jerawat juga bisa diatasi dengan menggunakan pare. Dengan aliran darah yang lancar, gangguan aliran darah di kulit wajah juga tidak akan terganggu, sehingga penumpukan kotoran di bawah kulit penyebab jerawat bisa dicegah.

16. Mencegah Penuaan Dini

Di dalam pare terdapat kandungan biotin dan zinc yang ampuh untuk merawat kulit, melindunginya dari paparan sinar matahari dan radikal bebas. Inilah yang membuat pare sangat baik dikonsumsi oleh wanita muda yang ingin tampak awet muda.

17. Mengatasi Masalah Infeksi Kulit

Masalah infeksi kulit bisa dialami oleh siapa saja. apabila masalah tersebut dibiarkan begitu saja. Bukan tidak mungkin akan membuatnya semakin parah dan menimbulkan masalah baru. Sahabat Dream bisa mengonsumsi pare secara rutin sebagai upaya mengatasi masalah infeksi kulit.

5 dari 5 halaman

Manfaat Pare untuk Rambut

18. Masalah Rambut Rontok

Konsumsi jus pare secara teratur dapat berdampak baik untuk kesehatan rambut. Salah satu manfaat pare untuk kesehatan rambut ialah mampu mengatasi masalah rambut rontok.

Selain itu, kandungan nutrisi dalam pare juga ampuh untuk memperkuat rambut.

19. Mengatasi Rambut Berminyak

Selain memanfaatkan pare jadi jus, Sahabat Dream bisa mencampurkan jus pare dengan beberapa tetes cuka apel untuk mengatasi rambut berminyak.

Lakukan perawatan ini setidaknya dua kali dalam seminggu, dan rasakan perbedaannya.

Manfaat Pare© Shutterstock


20. Mengatasi Ketombe

Tidak hanya masalah rambut berminyak dan rontok, ketombe yang bisa muncul kapan saja, juga bisa diatasi dengan memanfaatkan pare. Sahabat Dream bisa menggunakan larutan pare untuk campuran sampo atau minyak rambut dan memakainya secara rutin.

21. Mencegah Uban

Paparan sinar UV tidak hanya merusak kulit saja, tapi juga merusak rambut. Salah satunya, membuat rambut lebih cepat beruban. Untuk mengatasinya, kalian bisa membuat sampo atau minyak alami dari pare dan memakainya secara rutin.

22. Membuat Rambut Berkilau

Dan, manfaat pare yang terpenting ialah mampu membuat rambut tampak lebih sehat, lebat dan berkilau. Apalagi kalau memanfaatkan pare sebagai sampo atau minyak alami, ditambah konsumsi jus pare secara teratur. Dijamin rambut jadi lebih sehat.

(ism, Sumber: Pharmeasy, MyIndia dan Chairfood)

Beri Komentar