5 Cara Mudah Atasi Bau Mulut

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 6 Juni 2017 18:20
5 Cara Mudah Atasi Bau Mulut
Agar terhindar dari bau mulut, berikut cara gampang mencegah halitosis.

Dream - Bau mulut tak sedap atau halitosis sering kali disebabkan kurangnya menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut. Sisa makanan yang berada di sudut rongga mulut menjadi tempat perkembangbiakan bakteri sehingga mengeluarkan asam yang merusak gigi dan mengeluarkan gas sulfur yang menyebabkan bau mulut.

Tak hanya itu, berkurangnya kualitas saliva atau air liur bisa membuat rongga mulut kering. Padahal, saliva bertugas menjadi pembersih alami yang mencegah bakteri berkembang.

Bau mulut tak hanya mengganggu kesehatan tapi juga mengurangi percaya diri saat bertemu orang lain. Agar terhindar dari bau mulut, berikut cara gampang mencegah halitosis.

1. Kurangi kebiasaan mengorek sisa makanan dengan tusuk gigi karena dapat membuat gusi infeksi yang juga akan mengakibatkan gigi renggang. Hal ini membuat sisa makanan banyak berkumpul di sela-sela gigi.

2. Hindari makanan yang berbau menyengat seperti bawang, petai, jengkol, dan jenis makanan lain. Alkohol dan tembakau sebaiknya juga dihindari karena juga bisa menyebabkan bau mulut.

Shutterstock© dream.co.id

3. Keadaan mulut kering karena kurang minum bisa menyebabkan bau mulut. Idealnya dua liter setiap hari. Perhatikan pasta gigi yang kamu gunakan. Pasta gigi yang mengandung detergen juga membuat rongga mulut kehilangan kelembaban.

4. Biasakan ke dokter gigi enam bulan sekali untuk melihat kesehatan gigi. 

5. Gosoklah gigi minimal dua kali sehari dengan waktu utama sebelum tidur. Gunakan pasta gigi yang tak mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS) atau detergen yang membuat mulut kering. 

Selain itu, pilihlah pasta gigi yang mengandung enzim baik. Protein kompleks ini akan mencegah perkembangbiakan bakteri di gigi dan rongga mulut. Contohnya adalah pasta gigi Enzim Fresh Mint.

Enzim© dream.co.id

Pasta gigi dengan rasa mint yang menyegarkan ini tanpa deterjen dan mengandung enzim yang bermanfaat mengembalikan kualitas air ludah. Saliva (air ludah) akan mengontrol keseimbangan bakteri rongga mulut sehingga dapat membantu mengatasi sariawan dan bau mulut serta mencegah kekambuhannya.

Kandungan zat aktif seperti enzim amyloglucosidase, glucose oxidase, lactoperoxidase bermanfaat untuk mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut. Lysozyme dan lactoferrin juga bermanfaat untuk menangkal bakteri pathogen.

Mari gunakan Enzim Fresh Mint untuk mengatasi bau tak sedap di mulut.

Beri Komentar