Begini Cara Enak Bakar 140 Kalori dengan Santai

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 3 Februari 2019 08:00
Begini Cara Enak Bakar 140 Kalori dengan Santai
Kegiatan apakah itu?

Dream - Menurut penelitian terbaru di Inggris, ada cara enak dan nyaman membakar kalori tanpa perlu melakukan olahraga berat. Cara itu cukup dengan berendam di air hangat.

" Cukup berendam di air hangat, 140 kalori yang ada di tubuh kamu akan terbakar begitu saja," ungkap peneliti di Nottingham Trent University, dikutip dari Mirror.co.uk, Sabtu 2 Februari 2019.

Ternyata, berendam di air hangat memiliki beberapa manfaat kesehatan yang sangat bagus bagi pria dan wanita. Sebagai bagian dari penelitian tersebut, separuh sukarelawan berendam di air bersuhu 400 Celcius.

Sementara yang lain diminta melakukan olahraga bersepeda selama satu jam. Kelompok yang bersepeda mampu membakar lebih banyak kalori. Demikian juga dengan yang berendam air hangat, meski tidak sebanyak yang bersepeda.

 shutterstock

Ilustrasi orang berendam (Shutterstock.com)

Namun, kelompok yang berendam air hangat mendapat manfaat kesehatan tambahan, seperti menjaga kadar gula darah dan meningkatkan kualitas tidur mereka.

Ahli Fisiologi Olahraga di Nottingham Trent University, Steve Faulkner, menjelaskan, ketika seseorang berendam di air panas, tubuh akan berusaha agar tidak kepanasan.

" Caranya dengan memperlebar pembuluh darah agar bisa memindahkan sebagian panas dari darah ke lingkungan sekitarnya. Perubahan ini berdampak pada tekanan darah," ungkap Faulkner.

" Dan untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, irama detak jantung juga akan meningkat. Respon fisiologis ini sangat mirip dengan ketika kita berolahraga," tambah dia.

Penelitian ini juga menemukan fakta unik tentang orang-orang yang rajin sauna atau berendam air panas. Menurut Faulkner, orang yang demikian memiliki risiko minim mengidap penyakit kardiovaskular dan diabetes.

Meski begitu, ia tetap menyarankan untuk berolahraga secara teratur.

 shutterstock

Berendam air hangat bukan jalan pintas untuk mendapatkan kebugaran atau sebagai pengganti olahraga.

" Tetapi bagi orang yang tidak bisa berolahraga, mungkin karena kondisi kesehatan tertentu atau cacat, berendam air hangat bisa menjadi pilihan yang bagus," pungkas Faulkner.

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-