Kombinasi Buah dan Sayuran yang Baik untuk Diet Sehat

Reporter : Dwi Ratih
Minggu, 14 Maret 2021 17:00
Kombinasi Buah dan Sayuran yang Baik untuk Diet Sehat
Apa saja ya?

Dream – Tidak ada resep yang lebih baik daripada campuran dua buah dan tiga sayuran dalam sehari buat kamu yang sedang diet namun tetap menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Campuran makanan sehat ini dinamakan “ 5 a Day” diet, menururt riset yang diterbitkan pada 1 Maret lalu di American Heart Association Journal, Circulation, diet ini akan sangat efektif untuk jangka panjang.

“ Dengan mengonsumsi buah dan sayuran ini akan mendapat banyak keuntungan seperti terhindar dari berbagaii penyakit kornik dan dapat memiliki tubuh bugar,” tutur Dr. Dong D. Wang, Lead Study Author and Epidemiologist and Nutritionist Harvard Medical School and Brigham and Women’s Hospital, Boston.

Para peneliti mempelajari pola makan di antara lebih dari 100.000 pria dan wanita di Amerika Serikat sekitar tiga dekade.

Dari studi tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pola makan yang kaya akan buah dan sayuran membantu mengurangi risiko kondisi kesehatan kronis yang menjadi penyebab utama kematian, seperti kanker atau kardiovaskular.

1 dari 3 halaman

Mengurangi risiko kematian

Orang yang mengikuti “ 5 a Day” diet memiliki risiko kematian 13 persen lebih rendah dari semua penyebab, 12 persen lebih rendah pada penyakit kardiovaskular, 10 persen lebih rendah pada penyakit kanker, dan 35 persen lebih rendah pada rpenyakit pernapasan, dibandingkan dengan mereka yang lebih sedikit memakan sayuran dan buah.

Maka dari itu buah dan sayuran sungguh penting untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh kita.

“ Buah dan sayuran adalah sumber nutrisi yang dikemas secaraa alami yang dapat dimasukkan dalam sebagian besar makanan dan kudapan, sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh kita,” jelas Dr. Anne Thorndike, Ketua Komite Nutrisi American Heart Association.

Ilustrasi© Shutterstock

Menurut penelitian yang dilakukan bertahun-tahun, bila diet buah dan sayuran dilakukan secara konsisten menghasilkan hasil kesehatan yang lebih baik.

“ Berbagai porsi buah dan sayuran setiap hari menentukan ciri-ciri diet seperti DASH dan Mediterranean, yang secara konsisten menempati peringkat tertinggi dalam daftar diet terbaik,” tutur Renee Puyau, Ahli Diet dan Direktur Metabolic Kitchen Pennington, Pusat Penelitian Biomedis, Baton Rouge, Louisiana.

“ Salah satu cara termudah bagi seseorang untuk memperbaiki pola makan mereka secara keseluruhan adalah menambahkan satu porsi buah dan sayuran setiap harinya, atau bahkan lebih baik, setiap kali makan,” tambahnya.

2 dari 3 halaman

Duet buah dan sayur, mantap!

Ilustrasi© Shutterstock

Penelitian menemukan manfaat umur panjang dalam makanan seperti sayuran berdaun hijau, seperti bayam, selada, dan kangkung, serta buah dan sayuran yang kaya akan beta karoten dan vitamin C, seperti jeruk, beri, dan wortel.

“ Sayuran berdaun hijau adalah makanan kaya akan folat yang sangat anti-inflamasi, meningkatkan proses detoksifikasi alami tubuh, dan meningkatkan kesehatan mentak,” tutur Uma Naidoo, Psikiater Nutrisi.

“ Kemudian sayuran nonstarki seperti mentimun, lobak, asparagusm kubis, brokoli dan kembang kol, kaya akan polifenol dan serat yang dapat meningkatkan kesehatan usus dan sistem kekebalan serta suasana hati yang seimbang,” tambahnya.

3 dari 3 halaman

Sayuran hijau

Ilustrasi© Shutterstock

Sedangkan menurut Naidoo, untuk sayuran bertepung seperti kacang polong, jagung, dan kentang tidak ada kaitannya dengan penurunan risiko kematian selama masa studi, tapi memiliki manfaat yang baik juga setiap kali dimakan.

Untuk itu sangat disarankan, setiap kali makan selalu ingat mengkonsumsi 5 jenis sayuran dan buah dalam piring kamu ya Sahabat Dream.

Laporan: Josephine Widya, Sumber: Healthline

Beri Komentar