Rumus Dokter Cara Hindari Serangan Jantung

Reporter : Nur Ulfa
Sabtu, 18 November 2017 08:02
Rumus Dokter Cara Hindari Serangan Jantung
Hindari melakukan diet ketat tanpa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi

Dream - Penyakit jantung koroner menurut data dari Departemen Kesehatan menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Gaya hidup tidak sehat merupakan pemicu utama seseorang bisa terkena serangan jantung. Termasuk konsumsi makanan berlemak dan kolesterol tinggi.

Bagi yang suka mengonsumsi makanan berlemak, harus diimbangi dengan konsumsi makanan kaya serat dan vitam.

Buah dan sayur wajib dikonsumsi setiap hari demi jantung lebih sehat. Hindari juga melakukan diet ketat tanpa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi, karena bisa berdampak buruk pada jantung.

" Biasanya itu faktor makanan, diet ketat juga bisa jadi masalah dan muncul serangan jantung," ujar dr BRM Ario Soeryo Kuncoro SpJK(K) saat ditemui di kawasan Jakarta Barat, Jumat, 17
November 2017.

Dokter Ario juga memperingatkan soal kebiasaan merokok, tak menjaga berat badan, serta tingginya kadar gula dalam darah. Kondisi ini akan sangat berisiko menimbulkan serangan jantung. Untuk itu selalu lakukan pemeriksaan rutin, baik kadar gula darah maupun tekanan darah.

Segera tinggalkan kebiasaan merokok dan jaga berat badan dalam level normal. Jika memang hasilnya tidak baik, segera konsultasi dengan dokter untuk mendapat terapi pengobatan yang
memadai.

Terutama, jika diketahui kalau level gula darah tinggi karena bisa menimbulkan komplikasi pada jantung di kemudian hari.

" Salah satu faktor jantung itu kencing manis jadi dengan kondisi saat ini, risikonya bisa meningkat pada 20 tahun ke depan," ungkap dr. Ario.

Ia kembali menekankan soal gaya hidup sehat yang harus mulai diterapkan selagi muda. Seperti makan buah dan sayur setiap hari. Lalu olahraga minimal 4 kali.

" Kita harus hidup sehat, makan-makanan sehat, olahraga seminggu 4 kali minimal 30 menit sehari. Lakukan olahraga itu Insya Allah jantung terlatih," tuturnya. (ism) 

Beri Komentar