Darah Haid Mengalir Deras, Bisa Jadi Ada Masalah Kesehatan

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 15 Juni 2022 19:12
Darah Haid Mengalir Deras, Bisa Jadi Ada Masalah Kesehatan
Kondisi keluar darah yang begitu banyak saat haid, dalam istilah medis dikenal dengan sebutan menorrhagia.

Dream - Setiap 25-28 hari, normalnya setiap perempuan akan mengalami haid atau menstruasi. Sel telur yang tak dibuahi akan keluar secara alami berupa darah. Pada beberapa kondisi, darah yang keluar begitu deras hingga membuat lemas.

Tak hanya itu, durasi haid pun jadi lebih lama. Normalnya 7 hari, tapi haid bisa sampai 10 hari dengan kondisi darah yang banyak. Sahabat Dream pernah mengalaminya?

Kondisi keluar darah yang begitu banyak saat haid, dalam istilah medis dikenal dengan sebutan menorrhagia. Menorrhagia terjadi ketika menstruasi yang memanjang dan mengeluarkan darah lebih banyak dari biasanya.

Dikutip dari KlikDokter, dalam keadaan normal, darah yang keluar saat menstruasi adalah sekitar 30–40 mililiter (sekitar 2–3 sendok makan) selama 4–5 hari. Sementara pada kondisi menoragia, darah yang keluar dapat mencapai 80 mililiter.

Menorrhagia dapat disebabkan karena berbagai hal. Apa saja?
- Ketidakseimbangan hormonal pada wanita yang baru saja mulai menstruasi atau menjelang menopause
- Disfungsi ovarium
- Mioma rahim
- Polip di rahim
- Adenomiosis
- Adanya alat k0ntrasepsi dalam rahim (AKDR)
- Penyakit radang panggul
- Kelainan darah
- Penyakit tiroid, gangguan hati, atau gangguan ginjal

 

1 dari 1 halaman

Gejala yang Sering Muncul

Ada gejala khas dari menorrhagia, yang penting untuk diketahui Sahabat Dream. Gejala tersebut yaitu, perdarahan dari vagina yang sangat banyak saat haid (ganti pembalut setiap 1–3 jam sekali). Tanda lainnya, haid berlangsung selama lebih dari satu minggu, aktivitas sehari-hari terganggu, mudah lelah, lemas, dan sesak napas.

Sakit perut© Shutterstock

Bila mengalami hal tersebut cukup sering, jangan anggap sepele. Segera konsultasikan dengan dokter obstetri dan ginekologi untuk mendapat perawatan yang tepat. Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Beri Komentar