Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Fakta-fakta 9 Pemuda Begal Motor 2 Prajurit TNI di Jaksel

Fakta-fakta 9 Pemuda Begal Motor 2 Prajurit TNI di Jaksel 9 Pemuda Begal Motor 2 Prajurit TNI Di Jaksel (Foto: Merdeka.com)

Dream - Sembilan orang pelaku aksi percobaan begal terhadap dua anggota TNI di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Sabtu 7 Mei 2022 telah diamankan oleh kepolisian. 

Dua TNI tersebut adalah prajurit Batalyon Arhanud 10/ABC Kodam Jaya yang menjadi korban pembegalan saat mengendarai sepeda motor. 

Ada empat sepeda motor yang dikendarai pelaku begal saat mencoba menghentikan korban. Satu pelaku atas nama MRH berhasil diamankan, ketika korban mencoba mengejar para pelaku.

Sembilan pelaku begal yang telah diamankan berinisial MRH (20), R (19), RM (24), MB (17), TP (21), MAH (15), AM (19), FR (17), dan MRM (19).

Dihimpun dari Merdeka.com, berikut ini fakta-fakta percobaan pembegalan terhadap dua anggota TNI di Jakarta Selatan.

Kronologi

Kejadian ini berawal saat para pelaku berkumpul dengan pesta miras di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan pada Sabtu, 7 Mei 2022 pukul 05.00 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, para terduga pelaku berani dan nekat melakukan aksi percobaan pembegalan karena pengaruh miras. 

Para pelaku lalu berkeliling memakai motor dan melihat korban yang sedang memakai motor Mio Soul warna merah.

"Lalu mereka hampiri, modus minta rokok lalu ada satu pelaku lain lemparkan batu konblok, tapi tak mengenai korban," kata Zulpan pada Selasa 10 Maret 2022 kepada wartawan.

Peran Sembilan Begal

Zulpan mengatakan, sembilan orang yang diamankan tersebut memiliki peran yang berbeda-beda. Salah satunya yaitu MRH (20) yang memiliki peran sebagai eksekutor percobaan pencurian.

Kedua MRM (19) bersama MB (16) yang bertugas mengelilingi korban untuk melakukan percobaan curian. RM (24) joki membonceng tersangka lain inisial TP yang dibonceng. FR (17) peran joki membonceng tersangka MRM.

"TP (21) melempar dengan satu batu konblok ke arah korban. MAH (15) peran turut serta ramaikan rombongan untuk lakukan percobaan pencurian, AM (19) peran kelilingi korban. Sembilan R (19) peran joki bonceng tersangka MB," kata Zulpan.

Pertama Kali Melakukan

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Ridwan Soplanit yang memimpin operasi penangkapan menyebut, jika para terduga pelaku baru pertama kali melakukan tindakan kejahatan tersebut. Sehingga, apa yang dilakukannya itu bukan menjadi profesinya.

"Keterangan sampai saat ini, mereka baru pertama kali melakukan hal ini. Belum ada rekam jejaknya. Iya bukan profesi," kata Ridwan pada Selasa, 10 Mei 2022.

Meski begitu, apa yang dilakukannya itu ternyata sudah direncanakan. Sehingga, mereka dapat melakukan aksinya itu secara bersama-sama usai menenggak miras.

"Ada pemicu dari beberapa teman yang bertugas melakukan ini dan mempunyai ide seperti itu, tapi memang itu suatu spontanitas. Tapi ada juga yang punya ide dan sampai ada ide yang lain untuk melakukan hal bersama-sama secara kompak," ujarnya.

Motif Pelaku

Motif dari aksi pembegalan, kata Ridwan, ternyata ingin menguasai motor milik korban. Para pelaku dikenakan Pasal 53 KUHP juncto Pasal 365 KUHP, dengan ancaman pidana 9 tahun penjara.

"Motifnya pelaku mau kuasai sepeda motor milik korban," tutupnya.

Proses hukum tersebut juga diberlakukan terhadap tiga pelaku yang masih di bawah umur. "Iya, kita tetap melakukan pendampingan, tetap sama dengan yang lain," kata Ridwan.

Dia mengungkapkan, terduga pelaku di bawah umur tersebut merupakan pelajar Sekolah Menengah Atas.

"(Di bawah umur) Rata-rata SMA kelas 2," sebutnya.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Oknum TNI yang Terlibat Pencurian Ratusan Kendaraan Bermotor Akhirnya Ditangkap

Oknum TNI yang Terlibat Pencurian Ratusan Kendaraan Bermotor Akhirnya Ditangkap

Diduga ada keterlibatan oknum TNI dalam kasus pencurian motor di Sidoarjo, Jawa Timur.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! Tips Memasukkan Baju ke Celana Biar Hasilnya Rapih

DRESS IT! Tips Memasukkan Baju ke Celana Biar Hasilnya Rapih

Tantangan cara memasukkkan baju ke dalam celana adalah hasilnya yang selalu berantakan. Nah Dream kasih tahu nih tips masuk baju ke dalam celana biar rapi.

Baca Selengkapnya