CONNECT WITH US!

Helvy Tiana Rosa, Membangun Bangsa Melalui Film Islami

Reporter : Kurnia | Minggu, 30 Agustus 2015 13:33
Dalam era kebebasan bependapat dan berekspresi, setiap masyarakat punya cara masing-masing untuk buktikan cintanya terhadap negeri. Termasuk sastrawati Islam kenamaan tanah air, Helvy Tiana Rosa.

Dream - Pegiat sastra sekaligus dosen Universitas Negeri Jakarta, Helvy Tiana Rosa mengungkapkan, dirinya ingin berbakti pada Indonesia secara Islami dan mengartikulasikannya dalam bentuk karya. Terdekat, ia bersama beberapa komunitas Islam akan meluncurkan film yang diadaptasi dari novel perdananya berjudul Ketika Kang Mas Gagah Pergi.

Menurut Helvy, film ini amat berbeda dengan apa yang selama ini ada di Indonesia. Dari segi pendanaan, film ini dibiayai oleh donasi beberapa komunitas serta masyarakat.

 Sedangkan para pemeran, dipilih berdasarkan karakter aslinya. " Jadi pemeran filmnya bukan hanya soleh di film saja," ujar Helvy dalam acara ODOJ (Komunitas One Day One Juz) untuk Negeri di Jakarta, Minggu 30 Agustus 2015.

Selain itu, Helvy menjanjikan tidak akan ada adegan sentuhan fisik dalam film Ketika Kang Mas Gagah Pergi. " Saya ingin bikin film yang membangun karakter Qurani. Selama ini industri film dan selera kita didikte oleh satu pemilik modal besar," tambahnya.

Berbekal beberapa ciri khas dalam karya tersebut, Helvy yakin Ketika Kang Mas Gagah Pergi akan menjadi penanda zaman terutama bagi anak muda Indonesia.

" Saya ingin membuat momen untuk pemuda Indonesia. Saya ingin Ketika Kang Mas Gagah Pergi menjadi penanda zamannya seperti film Catatan Si Boy dan Ada Apa dengan Cinta di masanya," kata perempuan yang masuk dalam deret sastrawan paling berpengaruh di Indonesia ini.

Ia pun berharap, film yang dibuat dengan gotong royong dari berbagai elemen masyarakat ini mampu menjadi gerakan budaya untuk membumikan Islam yang hakiki. Penuh kedamaian serta kasih sayang. " Saya yakin gerakan budaya akan sangat efektif terutama bagi anak-anak muda," pungkas Helvy.

Nominasi Golden Globe 2018, Dari DUNKIRK Sampai GAME OF THRONES